Hubungan Ketersediaan Pangan Keluarga Dan Tingkat Konsumsi Energi Protein, Fe, Asam Folat, Vitamin B12 Dengan Kejadian Kurang Energi Kronis (KEK) Dan Anemia Pada Ibu Hamil

Priswanti, Priswanti (2005) Hubungan Ketersediaan Pangan Keluarga Dan Tingkat Konsumsi Energi Protein, Fe, Asam Folat, Vitamin B12 Dengan Kejadian Kurang Energi Kronis (KEK) Dan Anemia Pada Ibu Hamil. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
83Kb

Abstract

Latar Belakang: Adanya krisis ekonomi sangat berdampak pada masalah kesehatan termasuk di dalamnya masalah gizi yang disebabkan karena kurangnya ketersediaan pangan dalam keluarga. Kurang Energi Kronis (KEK) dan anemia merupakan masalah gizi yang sering dialami oleh ibu hamil. Permasalahan yang muncul apakah ada hubungan antara ketersediaan pangan keluarga dan tingkat konsumsi energi, protein, asam folat, vitamin B12 dengan kejadian KEK dan anemia. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan ketersediaan pangan keluarga dan tingkat konsumsi energi, protein, asam folat, vitamin B12 dengan kejadian KEK dan anemia pada ibu hamil. Metoda: Desain penelitian adalah cross-sectional. Sampel adalah ibu hamil yang terdaftar di Puskesmas Bangetayu Semarang yang diambil secara acak sederhana, berjumlah 39 orang. Pada sampel dilakukan wawancara tentang ketersediaan pangan keluarga dengan metode pendaftaran makanan, wawancara tentang konsumsi makanan sumber energi protein, Fe, asam folat, vitamin B12 dengan metode recall, pengukuran LILA dengan pita LILA dan pemeriksaan kadar Hb dengan B Hemoglobin Hemocue. Uji yang digunakan untuk hubungan tingkat konsumsi energi protein, Fe, asam folat, vitamin B12 menggunakan Pearson Product Moment. Hasil: Ada hubungan bermakna antara tingkat konsumsi energi dengan kejadian KEK dengan nilai p<0,05. Tingkat konsumsi protein dengan kejadian KEK diketahui tidak ada hubungan yang bermakna dimana nilai p>0,05. Sedang tingkat konsumsi Fe, asam folat, vitamin B12 tidak menunjukkan adanya hubungan yang bermakna dengan kejadian anemia dengan nilai p>0,05. Kesimpulan: Tingkat konsumsi energi berhubungan bermakna dengan kejadian KEK. Kata kunci: Ketersediaan pangan keluarga, tingkat konsumsi energi, protein, Fe, asam folat, vitamin B12, KEK, anemia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24595
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:11 Dec 2010 11:56
Last Modified:13 Dec 2010 18:19

Repository Staff Only: item control page