PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PIHAK PENANGGUNG TERHADAP PENGAJUAN KLAIM ASURANSI KESEHATAN OLEH TERTANGGUNG DI PT AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES

NUGRAHA, YULISTYA ADI (2009) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PIHAK PENANGGUNG TERHADAP PENGAJUAN KLAIM ASURANSI KESEHATAN OLEH TERTANGGUNG DI PT AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
197Kb

Abstract

Perkembangan asuransi di Indonesia berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari tahun ke tahun, dengan adanya program perlindungan kesehatan selain dilakukan oleh Pemerintah juga dilakukan oleh para pihak swasta dalam hal ini adalah PT AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES, hal ini mendorong tumbuhnya perekonomian di Indonesia dan memperluas pentingnya peran asuransi dalam aspek aspek kehidupan di masyarakat Indonesia. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang Pelaksanaan Tanggung Jawab Pihak Penanggung Terhadap Pengajuan Klaim Asuransi Kesehatan Oleh Tertanggung di PT AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES, serta mengetahui hambatan hambatan dan upaya yang dilakukan dalam menangani klaim yang terjadi Metode pendekatan yang digunakan yaitu yuridis empiris yaitu suatu penelitian yang menekankan pada fakta fakta yang diperolehnya dari hasil penelitian yang didasarkan pada metode ilmiah serta juga berpedoman pada teori hokum dan perundang-undangan yang ada. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian ditemukan adanya hambatan dalam pelaksanaan klaim kesehatan oleh Penanggung dalam hal ini adalah PT AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES yaitu adanya ketidak jujuran oleh calon Tertanggung dalam pengisian Surat Pengajuan Asuransi Jiwa yang diisi tidak sesuai dengan data keadaan yang sebenarnya dan birokrasi dari Rumah Sakit dalam hal ini yang Penulis dapat di lapangan adalah Rumah Sakit Pemerintah yaitu dalam mengeluarkan berkas dokumen klaim, upaya untuk menangani hambatan hambatan tersebut PT AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES selalu menekankan kepada divisi marketing diwakili oleh Financial Advisor yang tersebar di Bank Mandiri agar memandu calon Tertanggung dalam mengisi Surat Pengajuan Asuransi Jiwa agar diisi sesuai dengan keadaan data kesehatan yang sebenarnya, sedangkan upaya untuk hambatan di birokrasi Rumah Sakit, PT AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES diwakili oleh divisi klaim selalu menghubungi secara berkala apabila berkas yang diperlukan belum dikeluarkan oleh rumah sakit bersangkutan. Kata Kunci : Pelaksanaan Klaim, Klaim Asuransi Kesehatan ABSTRACT Realization of responsibility by the insurance agency toward the health insurance claim proposal of insured party in PT AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES By : Yulistya Adi Nugraha , S.H The development of insurance bussines in Indonesia is growing in accordance to the need of the society for time to time, with the life insurance program worked out not only by the government but also by the private company, in this case is PT AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES it promoted the growth of economy in Indonesia and broadens up the important of the role of insurance in the life in Indonesian This research is aimed at studying the Realization of responsibility by the insurance agency toward the health insurance claim proposal of insured party in PT AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES and also to find out the problem and the efforts made in handling the proposed claim. Method approach is used that is a juridical empirical research that emphasizes the fact the fact that obtaining the results of research that is based on the scientific method and also on the legal theories and laws that exist. According to the discussion of the collected data there are some problem in the realization of health insurance claim by the insured party, first problem is that there is be honesty in filling out the blank form of the life insurance proposal it is not fill out based on the real condition of the insured part B. Second problem is the difficulties found in the bureaucracy of the hospital in releasing the document of the claim of the efforts, to save the problem PT AXA MANDIRI FINANCIAL SERVICES always emphasize to the marketing division represented by the Financial Advisor in every Bank Mandiri Branch to guide the insured candidate in filling out the life insurance blank form to ensure that they fill it out with the valid data, the effortes in solving the bureaucratic problem in the hospital the claim division always make reguler contact with the hospital in case they do not release the document. Keyword : Implementation of the claims, Health insurance claims

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:24488
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:09 Dec 2010 08:36
Last Modified:09 Dec 2010 08:36

Repository Staff Only: item control page