ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMOTIVASI MAHASISWA BERKEINGINAN MENJADI ENTREPRENEUR (Studi pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang)

ADI TAMA, Angki and DJASTUTI, Indi (2010) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMOTIVASI MAHASISWA BERKEINGINAN MENJADI ENTREPRENEUR (Studi pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
998Kb

Abstract

Isu kewirausahaan menjadi isu penting bagi Negara kita tatkala Indonesia memasuki perkembangan dan bersiap menyongsong era perdagangan bebas baik dalam skala regional maupun internasional. Pemerintah telah mencanangkan gerakan wirausaha untuk mengatasi dan mengantisipasi berbagai permasalahan (pengangguran, kesenjangan social, dan kemandirian ekonomi). Menjadi entrepreneur merupakan alternative paling tepat. Paling tidak, dengan berbisnis atau berwirausaha berarti menyediakan lapangan kerja bagi diri sendiri dan tidak tergantung pada orang lain. Kampus merupakan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjadi tempat menempa diri serta meningkatkan skill. Kampus member peluang menguasai bidang ilmu yang dapat mendukung usaha. Dan untuk mengetahui semangat berwirausaha dikalangan mahasiswa maka hal yang harus diketahui adalah factor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa untuk berkeinginan menjadi seorang entrepreneur. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahaiswa S1 Fakultas Ekonomi UNDIP Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang. Pada penelitian ini dilakukan dengan metode regresi, dimana untuk mencapai tujuan pertama yaitu menganalisis pengaruh variable independenya yaitu keberhasilan diri dalam berwirausaha, toleransi akan resiko, dan keinginan merasakan pekerjaan bebas terhadap variable dependenya yaitu motivasi mahasiswa menjadi untuk menjadi seorang entrepreneur. Regresi berguna dilakukan terhadap model lebih dari satu variable bebas, untuk diketahui pengaruhnya terhadap variable terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variable baik itu keberhasilan diri dalam berwirausaha, toleransi akan resiko, dan keinginan merasakan pekerjaan bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi mahasiswa untuk menjadi entrepreneur. Sedangkan untuk penelitian masing-masing variable bebas, juga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variable terikat. Dapat disimpulkan masing- masing variable bebas baik itu keberhasilan diri dalam berwirausaha, toleransi akan resiko, dan keinginan merasakan pekerjaan bebas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variable motivasi mahasiswa untuk menjadi entrepreneur.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Additional Information:Motivasi, keberhasilan diri, toleransi akan resiko, merasakan pekerjaan bebas dan entrepreneur.
Uncontrolled Keywords:Motivasi, keberhasilan diri, toleransi akan resiko, merasakan pekerjaan bebas dan entrepreneur.
Subjects:H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Management
ID Code:24470
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:06 Dec 2010 13:49
Last Modified:06 Dec 2010 13:49

Repository Staff Only: item control page