PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS DAN LABA KOTOR TERHADAP HARGA SAHAM ( Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

ADILIAWAN, Novy Budi and PAMUDJI, Sugeng (2010) PENGARUH KOMPONEN ARUS KAS DAN LABA KOTOR TERHADAP HARGA SAHAM ( Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
426Kb

Abstract

Laporan keuangan merupakan sarana yang penting bagi investor dan kreditur untuk mengetahui perkembangan perusahaan secara periodik karena laporan keuangan merupakan sumber informasi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh pemakai laporan keuangan. Investor dan kreditur menggunakan informasi arus kas sebagai ukuran kinerja perusahaan, karena informasi tentang arus kas digunakan sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan setara kas serta menilai kebutuhan perusahaan untuk menggunakan arus kas tersebut. Selain arus kas, parameter kinerja perusahaan yang mendapat perhatian utama yaitu laba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh komponen laporan arus kas (arus kas operasi, investasi, dan pendanaan) dan laba kotor terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan sampel sebanyak 62 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2007 - 2009. Penelitian ini dilakukan di Pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Diponegoro. Alat analisis yang digunakan adalah program SPSS versi 17.0. Hasil yang didapat adalah hanya variabel arus kas dari aktivitas operasi yang secara positif dan signifikan mempengaruhi harga saham, pada tabel 4.11 menunjukkan bahwa angka signifikansi untuk variabel arus kas aktivitas operasi adalah sebesar 0,002. Nilai ini lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa arus kas aktivitas operasi berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Additional Information:komponen arus kas, laba kotor, harga saham
Uncontrolled Keywords:komponen arus kas, laba kotor, harga saham
Subjects:H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
ID Code:24467
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:06 Dec 2010 13:34
Last Modified:06 Dec 2010 13:34

Repository Staff Only: item control page