PENGARUH UMUR, PENDIDIKAN, PENDAPATAN, PENGALAMAN KERJA DAN JENIS KELAMIN TERHADAP LAMA MENCARI KERJA BAGI TENAGA KERJA TERDIDIK DI KOTA MAGELANG

SETIAWAN, SATRIO ADI and WOYANTI, NENIK (2010) PENGARUH UMUR, PENDIDIKAN, PENDAPATAN, PENGALAMAN KERJA DAN JENIS KELAMIN TERHADAP LAMA MENCARI KERJA BAGI TENAGA KERJA TERDIDIK DI KOTA MAGELANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
2323Kb

Abstract

Adanya ketidakseimbangan antara jumlah angkatan kerja dengan besarnya kesempatan kerja mengakibatkan muncul masalah pengangguran tenaga kerja terdidik. Salah satu syarat memasuki pasar kerja adalah diperlukannya tingkat pendidikan yang dapat menunjang suatu pekerjaan tertentu. Pendidikan formal dianggap sebagai investasi yang berguna untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Semakin tinggi tingkat pendidikan seorang pekerja, maka semakin tinggi pula produktivitas yang dimilikinya. Dampak lebih jauh lagi akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Masalah ketenagakerjaan terutama lama mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik merupakan fenomena penting yang akan dipelajari dalam penelitian ini, terutama yang berkaitan dengan peningkatan pendidikan terhadap lama mencari kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel umur, pendidikan, pendapatan, pengalaman kerja dan jenis kelamin secara individual maupun secara bersama-sama terhadap lama mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan interview terhadap sampel yaitu sebanyak 100 responden (n = 100), dan menggunakan data sekunder yaitu data dari instansiinstansi terkait serta literatur buku. Penelitian ini dilakukan di Kota Magelang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari analisis regresi berganda dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari lima variabel independen seluruhnya berpengaruh signifikan terhadap lama mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik. Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,569 berarti variabel umur, pendidikan, pendapatan, pengalaman kerja dan jenis kelamin mampu menerangkan 56,9 persen variasi lama mencari kerja. Sedangkan sisanya 43,1 persen lama mencari kerja dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model analisis dalam penelitian ini. Dengan nilai signifikansi 0,000 dimana nilai tersebut jauh lebih kecil dari 0,05, maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi lama mencari kerja atau dapat dikatakan bahwa umur, pendidikan, pendapatan, pengalaman kerja dan jenis kelamin secara bersama-sama berpengaruh terhadap lama mencari kerja.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Additional Information:umur, pendidikan, pendapatan, pengalaman kerja, jenis kelamin, lama mencari kerja
Uncontrolled Keywords:umur, pendidikan, pendapatan, pengalaman kerja, jenis kelamin, lama mencari kerja
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Economics and Development Studies
ID Code:24451
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:06 Dec 2010 11:15
Last Modified:06 Dec 2010 11:15

Repository Staff Only: item control page