ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PESERTA ASKES SOSIAL PT. ASKES TERHADAP PELAYANAN DOKTER KELUARGA DI KOTA PEKALONGAN TAHUN 2009

Baequny, Ahmad (2009) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PESERTA ASKES SOSIAL PT. ASKES TERHADAP PELAYANAN DOKTER KELUARGA DI KOTA PEKALONGAN TAHUN 2009. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
81Kb

Abstract

ABSTRAK Ahmad Baequny1, Chriswardani S2, Ayun Sriatmi3 Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Askes Sosial PT. Askes Terhadap Pelayanan Dokter Keluarga Di Kota Pekalongan Tahun 2009 109 halaman, 18 tabel, 5 gambar, 4 lampiran Di Kota Pekalongan program dokter keluarga telah dilaksanakan sejak tahun 2005, hal ini dilakukan untuk memperbaiki kualitas dan citra pelayanan di masyarakat khususnya peserta Askes. Setelah berjalan 3 tahun target kepesertaan belum tercapai, angka kunjungan masih rendah, terdapat peserta yang beralih kembali ke pelayanan Puskesmas, dan terdapat peserta yang menyatakan kurang puas dengan pelayanan yang ada di dokter keluarga. Untuk mengetahui kepuasan peserta Askes dalam pelayanan dokter keluarga maka perlu dilakukan penelitian. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat kepuasan peserta Askes sosial terhadap pelayanan dokter keluarga di Kota Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis deskriptif analitik, dengan menggunakan rancangan cross sectional. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 80 responden. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) dan dimasukkan ke diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan peserta Askes sosial PT. Askes pada dimensi reliability adalah 90,50%, responsiveness yaitu 92,21%, assurance yaitu 92,74%, empathy yaitu 93,46% dan tangible yaitu 94,32%. Analisa menggunakan diagram kartesius menunjukkan bahwa mayoritas berada di kuadran B (14 item), itu berarti sebagian besar sudah memuaskan peserta, selanjutnya di kuadran D yang sangat memuaskan pasien ada 8 item dan di kuadran C ada 7 item yang cukup memuaskan pasien tapi masih perlu ditingkatkan Namun ada yang harus diperhatikan yaitu yang berada di kuadran A (7 item), pada kuadran ini perlu diprioritaskan karena harapan pasien pada kuadran ini tinggi namun pelaksanaannya masih dirasa kurang sehingga menimbulkan ketidakpuasan pasien. Untuk meningkatkan pelayanan di dokter keluarga maka disarankan perlunya tenaga administrasi untuk mempercepat pelayanan, penerapan teori antrian agar waktu menunggu menjadi lebih singkat, petugas sabar dan memperhatikan keluhan pasien, dokter menepati waktu praktek sesuai janji, pentingnya informasi lengkap tentang penyakit, menciptakan kenyamanan di ruang tunggu dan kelengkapan alat dalam pelayanan di dokter keluarga. Tingkat kepuasan yang tergolong tinggi sehingga program ini layak dikembangkan untuk masa yang akan datang dan untuk meningkatkan kepuasan maka perlu dilakukan standarisasi minimal pelayanan dokter keluarga. Kata Kunci : Kepuasan, Askes Sosial, Dokter Keluarga Kepustakaan : 44 (1984 – 2008). 1) Dosen Poltekkes Depkes Semarang 2) Dosen Universitas Diponegoro Semarang 3) Dosen Universitas Diponegoro Semarang

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:24326
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:02 Dec 2010 09:44
Last Modified:02 Dec 2010 09:44

Repository Staff Only: item control page