ANALISIS HUBUNGAN PERSEPSI MUTU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BALAI PENGOBATAN (BP) UMUM PUSKESMAS DI KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2009

Subekti, Dede (2009) ANALISIS HUBUNGAN PERSEPSI MUTU PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BALAI PENGOBATAN (BP) UMUM PUSKESMAS DI KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN 2009. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
490Kb

Abstract

ABSTRAK DEDE SUBEKTI Analisis Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Balai Pengobatan (BP) Umum Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2009 xvii + 106 halaman + 28 tabel + 5 lampiran Pengobatan merupakan salah satu program Pelayanan Kesehatan Dasar (PKD). Balai Pengobatan Umum merupakan unit yang paling dominan dalam pelayanan di Puskesmas. Oleh sebab itu pelayanan BP Umum dituntut untuk dapat memuaskan pasien. Kegiatan Puskesmas perlu mengacu pada Standar Pelayanan Minimal (SPM). Mutu pelayanan kesehatan berhubungan erat dengan tingkat kepuasan pasien. Tingkat kepuasan pasien dipengaruhi oleh mutu pelayanan provider. Namun persepsi pasien terhadap mutu pelayanan senantiasa berbeda. Keluhan yang dirasakan pasien meliputi pelayanan administrasi, dokter, sarana pelayanan, obat, serta lingkungan Puskesmas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Puskesmas dengan Tingkat Kepuasan Pasien Balai Pengobatan Umum di Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian adalah observasional dengan metode survai bersifat cross sectional. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara wawancara dengan 100 responden. Penentuan responden dengan cara random sampling. Responden adalah pasien yang pernah mendapatkan pelayanan kesehatan di BP Umum Puskesmas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa questionair terstruktur. Metode analisis statistik yang digunakan adalah Chi- Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara persepsi mutu pelayanan administrasi, dokter, perawat dan obat dengan tingkat kepuasan pasien secara bermakna dan tidak ada hubungan antara sarana dan fasilitas penunjang dengan tingkat kepuasan pasien. Untuk meningkatkan kepuasan pasien, DKK perlu memberikan bimbingan yang intensif terhadap Puskesmas untuk menerapkan SPM, dengan demikian diharapkan pasien yang berobat ke Puskesmas akan merasa puas. Kata Kunci : Persepsi, Mutu Pelayanan, K

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Health
ID Code:24307
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:01 Dec 2010 11:14
Last Modified:01 Dec 2010 11:14

Repository Staff Only: item control page