KEGIATAN PERSONAL SELLING PADA PT. CIPTO LANCAR SANJAYA ABADI SUZUKI KENDAL

NUGROHO , ADHI (2010) KEGIATAN PERSONAL SELLING PADA PT. CIPTO LANCAR SANJAYA ABADI SUZUKI KENDAL. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
252Kb

Abstract

Untuk dapat memasarkan produk kepada konsumen, perusahaan harus menetapkan strategi promosi yang tepat, yaitu mengetahui selera konsumen dan harus dapat menganalisa kebutuhan pasar serta bagaimana perusahaan dapat mengkomunikasikan produk yang dihasilkannya kepada konsumen. Promosi berpengaruh dalam meningkatkan volume penjualan karena di dalam kegiatan promosi perusahaan berusaha untuk menciptakan daya tarik dan kesan yang baik terhadap produk yang dihasilkannya sehingga tumbuh keyakinan dan minat masyarakat untuk membeli. Salah satu bauran promosi adalah personal selling. Personal Selling merupakan suatu bentuk promosi yang menggunakan komunikasi langsung yang memungkinkan adanya komunikasi dua arah antara tenaga penjual dengan calon konsumen sehingga penjual harus aktif mendatangi calon konsumen untuk menawarkan produk. Tipe penelitian yang digunakan PT Cipto Lancar Sanjaya Abadi adalah tipe penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan studi pustaka, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan metode analisanya adalah menggunakan analisa kualitatif. Pada personal selling, salesman menjalankan tahapan-tahapan kegiatan personal selling. Dalam menjalankan kegiatan personal selling, salesman Suzuki menggunakan Strategi Personal Selling dalam meningkatkan volume penjualanya yaitu Perhatian(Attention), Minat(Interest), Keinginan(Desire), Tindakan(Action), Kepuasan(Satisfaction). Dalam melaksanakan kegiatan personal selling, PT. Cipto Lancar Sanjaya Abadi Suzuki Kendal menghadapi beberapa hambatan, antara lain tenaga penjual kurang menguasai mengenai tenaga product knowledge, tenaga penjual kurang menguasai teknik-teknik pendekatan dalam menjual. Terjadi penurunan pada tahun 2006 ke tahun 2007 sebesar -19,05% dengan penjualan 272 unit. Setelah menguraikan kegiatan personal selling pada PT. Cipto Lancar Sanjaya Abadi maka penulisan dapat memberikan saran yaitu PT. Cipto Lancar Sanjaya Abadi memerlukan perencanaan yang lebih matang terlebih dahulu sebelum mempromosikan produk-produk baru agar promosi bisa lebih mengenai sasaran. PT. Cipto Lancar Sanjaya Abadi dalam melakukan strategi promosi sebaiknya dengan menentukan tujuan yang lebih tepat dan cocok guna kebutuhan pelanggan dan inovatif serta lebih berani dalam melakukan persaingan untuk penawaran produk-produknya sesuai dengan kebijakan yang ada.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Marketing
ID Code:24267
Deposited By:mr administrasi bisnis
Deposited On:30 Nov 2010 10:09
Last Modified:30 Nov 2010 10:09

Repository Staff Only: item control page