PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOMPETENSI TENAGA PENJUALAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi pada PT. Ratna Intan Kusuma di Semarang)

Kusuma, Adhi Rah (2009) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOMPETENSI TENAGA PENJUALAN, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi pada PT. Ratna Intan Kusuma di Semarang). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
466Kb

Abstract

ABSTRACT This research is an effort to answer the problem in PT. Ratna Intan Kusuma that is facing a decline in the sales performance during 2004 to 2008. That decline indicates that the repurchase intention of the pharmacies customers is also decreasing in PT. Ratna Intan Kusuma. The literature review takes the researcher to analyze the impact of service quality; sales force competency and firms’ image on repurchase intention. Data of service quality, sales force competency, firms’ image and repurchase intention is obtained by questionnaires. The questionnaires are distributed to 75 respondents of pharmacies. Then the data is analyzed with the multiple regression tests to prove whether or not there is an impact between the independent variables on the dependent variable. The test result shows that it can be proven statistically that service quality, sales force competency and firms’ image has a positive and significant impact on repurchase intention. From those three variables, it is found that service quality has the biggest impact. Consequently, the implication that can be suggested is that they need to focus on making better the service quality. Keywords : service quality, sales force competency, firms’ image, repurchase intention ABSTRAKSI Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjawab permasalahan yang terjadi di PT. Ratna Intan Kusuma yang menunjukkan terjadinya kecenderungan penurunan kinerja penjualan selama tahun 2004 – 2008. Kinerja penjualan yang menurun tersebut dapat menjadi indikasi bahwa minat beli ulang apotek di PT. Ratna Intan Kusuma juga menurun. Hasil telaah pustaka yang dilakukan mengarahkan peneliti untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, kompetensi tenaga penjual, dan citra perusahaan terhadap minat beli ulang. Data mengenai kualitas pelayanan, kompetensi tenaga penjualan, citra perusahaan, dan minat beli ulang diperoleh dengan menggunakan kuesioner Kuesioner yang telah tersusun tersebut selanjutnya disebarkan kepada 75 responden apotek. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji regresi berganda untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh dari masing-masing variabel independen terhadap variabel independen. Hasil pengujian menunjukkan, secara statistik dapat dibuktikan bahwa kualitas pelayanan, kompetensi tenaga penjualan, dan citra perusahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Dimana dari ketiga variabel tersebut, kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang paling besar sehingga implikasi kebijakan yang dijalankan harus difokuskan pada peningkatan pelayanan yang berkualitas. Kata kunci : kualitas pelayanan, kompetensi tenaga penjual, citra perusahaan, minat beli ulang

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:24201
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Nov 2010 10:00
Last Modified:29 Nov 2010 10:00

Repository Staff Only: item control page