ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi pada Nasabah PT. Bank Mandiri Cabang Pahlawan Semarang)

Prameswari, Dika Sukma (2009) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi pada Nasabah PT. Bank Mandiri Cabang Pahlawan Semarang). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
486Kb

Abstract

ABSTRACT The number of customers of the Mandiri Planned Saving of the Pahlawan Branch of Mandiri Bank who does not proceed with their planned saving is relatively high. The number exceeds 33.6%. This can be an indication that there is a customer loyalty problem in the Pahlawan Branch of Mandiri Bank. Based on the problem, this research is focused on examining the question of “How to improve the loyalty of customer of the Pahlawan Branch of Mandiri Bank?” The researcher tries to answer the problem through an approach of five variables which are service quality, product quality, customer satisfaction, relationship quality, and customer loyalty. Data of these five variables is collected by distributing questionnaires to 135 customers of PT. Bank Mandiri Cabang Pahlawan Semarang. Then data is analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The test on the five research variables results under the SEM method show that customer satisfaction is significantly affected by service quality and product quality, while the customer loyalty is significantly affected by the customer satisfaction and the relationship quality. Based on the result of data analysis, customer loyalty can be improved through the customer satisfaction by making better the product quality of the Mandiri Planned Saving. Keywords : service quality, product quality, customer satisfaction, relationship quality, customer loyalty ABSTRAKSI Jumlah nasabah MTR Bank Mandiri Cabang Pahlawan yang tidak melanjutkan tabungannya cukup tinggi yaitu mencapai 33.6%. Hal ini dapat menjadi indikasi adanya masalah loyalitas pada nasabah MTR Bank Mandiri Cabang Pahlawan. Atas dasar temuan tersebut maka penelitian ini ditujukan untuk menjawab permasalahan mengenai “Bagaimana meningkatkan loyalitas nasabah MTR di Bank Mandiri Cabang Pahlawan?” Permasalahan yang telah dirumuskan diatas, dijawab dengan menggunakan pendekatan lima variabel penelitian yang meliputi kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan nasabah, kualitas hubungan, dan loyalitas nasabah. Data mengenai kelima variabel tersebut diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 135 nasabah PT. Bank Mandiri Cabang Pahlawan Semarang. Data yang terkumpul tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengujian terhadap kelima variabel penelitian dengan menggunakan SEM menunjukkan bahwa kepuasan nasabah secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan kualitas produk sedangkan loyalitas nasabah dipengaruhi secara signifikan oleh kepuasan nasabah dan kualitas hubungan. Berdasarkan hasil analisis data, maka untuk meningkatkan loyalitas nasabah MTR dilakukan melalui peningkatan kepuasan nasabah yang diupayakan melalui perbaikan kualitas produk MTR. Kata kunci : kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan nasabah, kualitas hubungan, loyalitas nasabah

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:24200
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:29 Nov 2010 09:54
Last Modified:29 Nov 2010 09:54

Repository Staff Only: item control page