ANALISIS PENGARUH MUTU PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI (Studi pada PT. StarOne Mitra Telekomunikasi)

RETNANINGSIH, DIAN (2009) ANALISIS PENGARUH MUTU PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI (Studi pada PT. StarOne Mitra Telekomunikasi). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
834Kb

Abstract

ABSTRACT The purpose of this research is to test the influences of product quality and price toward buying intension. The usage of these variables is able to solve the arising problem within StarOne. The samples of this research consisted of a hundred customer’s on StarOne. Regression Analysis was run by a Statistical Package Social Science (SPSS) software for data analysis. The result of the analysis showed that product quality and price contributes an positive influence, which is significant to buying intension. The empirical resilt indicate that to increase buying intension of StarOne, management need to pay attention on factors like product quality and price, because that is the factors that effect high or low level of buying intension. From the measurement on product quality variable, the result is 0,306 coefficient value which means product quality had significance effect toward buying intension. The better product quality given by SMT will strengthen buying intension of StarOne’s customer. If the customer feel that they will get a satisfaction from certain product (because high quality product and durable) so that the customer will interested to buy the product. While, the test on price variable had 0,493 coefficient value that means price had significant effect on buying intension. The better price given by SMT to the customer needs, the bigger buying intension on the product. Key Words : product quality, price, and buying intension ABSTRAKSI Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh mutu produk dan harga terhadap minat beli. Penggunaan variabel-variabel tersebut dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pada StarOne. Sampel penelitian ini adalah pelanggan StarOne, sejumlah 100 orang. Analisis Regressi yang dijalankan dengan perangkat lunak SPSS, digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa mutu produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan minat beli StarOne, manajemen perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor seperti mutu produk dan harga, karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya minat beli. Dari hasil perhitungan variabel mutu produk diperoleh koefisien sebesar 0,306 yang berarti bahwa mutu produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Maka, semakin baik mutu produk yang yang diberikan pihak SMT akan memperkuat minat beli dari pelanggan StarOne, bila konsumen merasa akan mendapatkan kepuasan dari suatu produk (karena mutunya tinggi atau berkualitas baik dan tidak mudah rusak) maka konsumen tersebut akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Sedangkan pengujian variabel harga memiliki nilai koefisien sebesar 0,493 yang berarti bahwa harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli. Maka, semakin baik harga yang diberikan pihak SMT terhadap kebutuhan pelanggannya maka minat beli terhadap produk yang diberikan oleh PT. SMT akan semakin besar. Kata Kunci : mutu produk, harga, dan minat beli

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:24170
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:26 Nov 2010 09:45
Last Modified:26 Nov 2010 09:45

Repository Staff Only: item control page