PREFERENSI PENGGUNA DAN PENYEDIA JASA TERHADAP SISTEM JARINGAN TRANSPORTASI JALAN (JTJ) YANG MENDUKUNG PELABUHAN DI KABUPATEN BELITUNG (Studi Kasus: Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru)

SUBIAKTO, SUBIAKTO (2009) PREFERENSI PENGGUNA DAN PENYEDIA JASA TERHADAP SISTEM JARINGAN TRANSPORTASI JALAN (JTJ) YANG MENDUKUNG PELABUHAN DI KABUPATEN BELITUNG (Studi Kasus: Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
200Kb

Abstract

Abstrak Sehubungan dengan meningkatnya aktivitas pembangunan di Kabupaten Belitung, maka meningkat pula aktivitas dibidang transportasi, khususnya transportasi yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru. Peningkatan akivitas transportasi tanpa didukung dengan penyediaan sarana, prasarana dan sistem pengoperasian transportasi yang handal telah menimbulkan berbagai permasalahan. Adanya berbagai permasalah transportasi yang terjadi, menuntut untuk dilakukannya upaya mengoptimalkan kinerja pada sistem Jaringan Transportasi Jalan (JTJ) yang mendukung kedua pelabuhan tersebut. Agar upaya peningkatan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka penentuan/pemilihan program yang akan dilaksanakan harus benar-benar tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memilih kebijakan/program yang akan diambil adalah dengan teknik Analytical Hierarchi Process (AHP). Penelitian preferensi dengan menggunakan teknik AHP ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan para responden yang terdiri dari unsur penyedia jasa dan pengguna jasa, mengenai program yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam upaya mengoptimalkan kinerja sistem JTJ yang mendukung pelabuhan di Kabupaten Belitung (Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru). Adapun variabel yang digunakan dalam analisis AHP merupakan kriteria-kriteria yang menggambarkan kinerja sistem JTJ yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru, yang terdiri dari variabel keamanan, kenyamanan, biaya, waktu dan ketersediaan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian preferensi ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil akhir (Output) yang didapat dari penelitian adalah berupa program terpilih yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam upaya mengoptimalkan kinerja sistem JTJ yang mendukung pelabuhan di Kabupaten Belitung secara menyeluruh (Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru), yaitu program pengembangan sistem pengoperasian transportasi. Bila ditinjau dari masing-masing pelabuhan, maka yang menjadi prioritas dalam upaya peningkatan sistem JTJ yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan adalah program pengembangan sistem pengoperasian transportasi, sedangkan untuk Pelabuhan Tanjung Ru adalah program pengembangan sarana transportasi. Hasil analisis preferensi tersebut didukung oleh kondisi eksisting sistem JTJ pada masing-masing pelabuhan yang menunjukkan bahwa kondisi sistem pengoperasian transportasi yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan kondisi sarana transportasi yang mendukung Pelabuhan Tanjung Ru belum optimal kinerjanya. Selanjutnya dari hasil penelitian preferensi tersebut dapat dijadikan rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan pembangunan di bidang transportasi di Kabupaten Belitung. Kata kunci: Preferensi, Tingkat pelayanan/kinerja, Sistem Jaringan Transportasi Jalan (JTJ), Pengguna Jasa dan Penyedia Jasa,.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:24163
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:25 Nov 2010 08:23
Last Modified:25 Nov 2010 08:23

Repository Staff Only: item control page