PREFERENSI PENGGUNA DAN PENYEDIA JASA TERHADAP SISTEM JARINGAN TRANSPORTASI JALAN (JTJ) YANG MENDUKUNG PELABUHAN DI KABUPATEN BELITUNG (Studi Kasus: Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru)

SUBIAKTO, SUBIAKTO (2009) PREFERENSI PENGGUNA DAN PENYEDIA JASA TERHADAP SISTEM JARINGAN TRANSPORTASI JALAN (JTJ) YANG MENDUKUNG PELABUHAN DI KABUPATEN BELITUNG (Studi Kasus: Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
4Mb

Abstract

ABSTRAK Sehubungan dengan meningkatnya aktivitas pembangunan di Kabupaten Belitung, maka meningkat pula aktivitas dibidang transportasi, khususnya transportasi yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru. Peningkatan akivitas transportasi tanpa didukung dengan penyediaan sarana, prasarana dan sistem pengoperasian transportasi yang handal telah menimbulkan berbagai permasalahan. Adanya berbagai permasalah transportasi yang terjadi, menuntut untuk dilakukannya upaya mengoptimalkan kinerja pada sistem Jaringan Transportasi Jalan (JTJ) yang mendukung kedua pelabuhan tersebut. Agar upaya peningkatan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka penentuan/pemilihan program yang akan dilaksanakan harus benar-benar tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memilih kebijakan/program yang akan diambil adalah dengan teknik Analytical Hierarchi Process (AHP). Penelitian preferensi dengan menggunakan teknik AHP ini bertujuan untuk mendeskripsikan pandangan para responden yang terdiri dari unsur penyedia jasa dan pengguna jasa, mengenai program yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam upaya mengoptimalkan kinerja sistem JTJ yang mendukung pelabuhan di Kabupaten Belitung (Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru). Adapun variabel yang digunakan dalam analisis AHP merupakan kriteria-kriteria yang menggambarkan kinerja sistem JTJ yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru, yang terdiri dari variabel keamanan, kenyamanan, biaya, waktu dan ketersediaan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian preferensi ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil akhir (Output) yang didapat dari penelitian adalah berupa program terpilih yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam upaya mengoptimalkan kinerja sistem JTJ yang mendukung pelabuhan di Kabupaten Belitung secara menyeluruh (Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Tanjung Ru), yaitu program pengembangan sistem pengoperasian transportasi. Bila ditinjau dari masing-masing pelabuhan, maka yang menjadi prioritas dalam upaya peningkatan sistem JTJ yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan adalah program pengembangan sistem pengoperasian transportasi, sedangkan untuk Pelabuhan Tanjung Ru adalah program pengembangan sarana transportasi. Hasil analisis preferensi tersebut didukung oleh kondisi eksisting sistem JTJ pada masing-masing pelabuhan yang menunjukkan bahwa kondisi sistem pengoperasian transportasi yang mendukung Pelabuhan Tanjungpandan dan kondisi sarana transportasi yang mendukung Pelabuhan Tanjung Ru belum optimal kinerjanya. Selanjutnya dari hasil penelitian preferensi tersebut dapat dijadikan rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan pembangunan di bidang transportasi di Kabupaten Belitung. Kata kunci: Preferensi, Tingkat pelayanan/kinerja, Sistem Jaringan Transportasi Jalan (JTJ), Pengguna Jasa dan Penyedia Jasa,. ABSTRACT Referring to the increasing of development activity in Belitung Regency, hence increasing also activity is transportation sector, especially transportation that is supporting Port of Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru. Improvement of transportation activity without supported with supporting facilities supply, infrastructure and operation system of reliable transportation has generated various problems. Existence of various problems transportation happened, claims to do of improvement effort of performance at transportation tissue system of road what supports both the ports. To strive of improvement can reach purpose of expected; hence selection of program which will be executed must really precise. One of method which applicable to choose program will be taken which is with technique Analytical Hierarchy Process (AHP). Research of preference by using this AHP technique aim to description of opinion sight of the responders consisted of by element of service feeder and service user, about program becoming priority is achieved in the effort increasing system performance transportation tissue system of road supporting port in Belitung Regency (Port of Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru). As for variable applied in analyzing AHP is criterions depicting system performance transportation tissue system of road supporting Port of Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru, what consisted of security and safety variable, comfort, cost, time and availability. Approach method applied in research of this preference is applying quantitative approach. End result gotten from research is in the form of chosen program becoming priority is achieved in the effort increasing system performance transportation tissue system of road supporting port in Belitung Regency across the board ( Port of Tanjungpandan and Port of Tanjung Ru), that is operation system development program of transportation. If evaluated from each port, hence becoming priority in the effort improvement of transportation tissue system of road supporting Port of Tanjungpandan is operation system development program of transportation, while for Port of Tanjung Ru is development program supporting facilities for transportation. Result of preference analysis supported by condition of existing transportation tissue system of road at each port indicating that condition of operation system of transportation that is supporting Port of Tanjungpandan and condition of supporting facilities for transportation that is supporting Port of Tanjung Ru has not optimal of its performance. Hereinafter, result of research of preference can be made recommendation to local government to be consideration in execution of development in transportation area in Belitung Regency. Keyword: Preference, Performance, Transportation tissue system of road, Service User and Service Feeder.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:24162
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:25 Nov 2010 08:19
Last Modified:21 Jun 2011 16:49

Repository Staff Only: item control page