PERANAN ZAKAT DALAM PENINGKATAN KUALITAS RUMAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT MISKIN PENERIMA PROGRAM BEDAH RUMAH DI KOTA PADANG)

MASTA, FADELAN FITRA (2010) PERANAN ZAKAT DALAM PENINGKATAN KUALITAS RUMAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT MISKIN PENERIMA PROGRAM BEDAH RUMAH DI KOTA PADANG). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
654Kb

Abstract

ABSTRAK Salah satu permasalahan bidang perumahan dan permukiman di Indonesia adalah rendahnya tingkat pemenuhan kebutuhan rumah bagi masyarakat miskin. Sistem pembiayaan perumahan formal sulit dijangkau karena lemahnya akses masyarakat miskin terhadap bank. Sejalan dengan permasalahanan tersebut, Badan Amil Zakat Kota Padang meluncurkan program bedah rumah sebagai salah satu bagian dari sistem pengelolaan zakat. Penelitian ini berangkat dari evaluasi program tersebut serta kerisauan publik atas efektifitas pendayagunaan zakat dalam bentuk peningkatan kualitas rumah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran; kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan secara sensus melalui kuesioner, observasi dan wawancara terhadap 11 (sebelas) masyarakat miskin penerima program bedah rumah di Kota Padang. Terdapat dua teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis deskriptif kualitatif. Proses analisis dimulai pada analisis terhadap bantuan dan persepsi masyarakat penerima zakat terhadap bantuan tersebut. Selanjutnya dilakukan analisis perubahan kualitas rumah sesudah dibedah serta persepsi masyarakat penerima zakat terhadap perubahan kualitas rumah tersebut. Adapun output yang diharapkan dari penelitian ini adalah diketahuinya peranan zakat dalam rangka peningkatan kualitas rumah masyarakat miskin di Kota Padang dalam batasan substansi aspek pembiayaan perumahan. Kata kunci: pembiayaan perumahan, peningkatan kualitas rumah, masyarakat miskin, pengelolaan zakat.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:24145
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:24 Nov 2010 09:21
Last Modified:24 Nov 2010 09:21

Repository Staff Only: item control page