KINERJA PELAYANAN PEMBUANGAN SAMPAH DI KOTA LASEM KABUPATEN REMBANG

YUNIARSO, F. EKO ADI (2008) KINERJA PELAYANAN PEMBUANGAN SAMPAH DI KOTA LASEM KABUPATEN REMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
153Kb

Abstract

ABSTRAK Pertambahan jumlah penduduk dan perubahan gaya hidup berkorelasi dengan produksi sampah rumah tangga disamping sampah perusahaan dan unit kegiatan lainnya. Dalam mewujudkan kebersihan penyelenggaraan kegiatan pengelolaan dan pembuangan sampah kantor kebersihan kabupaten sebagai institusi pengelola sampah mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menyediakan prasarana pengelolaan dan pembuangan sampah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kinerja pelayanan pembuangan sampah di Kota Lasem yang dilaksanakan oleh Kantor Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Rembang dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja. Dalam penelitian ini kinerja pelayanan pembuangan sampah di Kota Lasem Kabupaten Rembang diukur melalui jumlah sampah yang mampu terbuang melalui mekanisme yang dilakukan oleh Kantor Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Rembang yaitu sejumlah 30% dari keseluruhan timbulan sampah dan apabila diukur dengan menggunakan Skala Likert termasuk dalam kategori “buruk”. Selain jumlah timbulan sampah yang terbuang, kinerja juga diukur melalui luas cakupan wilayah pelayanan yaitu jumlah rumah tangga yang terlayani pembuangan sampahnya sejumlah 2,261% dari keseluruhan rumah tangga, apabila diukur dengan Skala Likert termasuk dalam kategori “sangat buruk”. Adapun faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan pembuangan sampah dalam penelitian ini terdiri dari faktor peralatan pengumpul dan pembuang sampah, motivasi petugas pembuang sampah dan partisipasi masyarakat. Untuk memperoleh data tentang faktor yang mempengaruhi kinerja dilakukan melalui pemberian kuesioner kepada responden dan dari jawaban responden ini kemudian dianalisa dengan mennggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari distribusi frekuensi penilaian faktor peralatan diperoleh hasil mendukung kinerja 56%, netral 18%, kurang mendukung 22% dan tidak mendukung 4%. Distribusi frekuensi penilaian motivasi petugas pembuang sampah diperoleh hasil sangat mendukung kinerja 25%, mendukung kinerja 43%, netral 10%, kurang mendukung 15% dan tidak mendukung 7%. Distribusi frekuensi partisipasi masyarakat diperoleh hasil sangat mendukung kinerja 21%, mendukung 51%, netral 18% dan kurang mendukung 10%. Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa kinerja pelayanan pembuangan sampah di Kota Lasem yang dilaksanakan oleh Kantor Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Rembang di Kota Lasem termasuk dalam kategori ”buruk”. Untuk itu perlu dilakukan upaya pembenahan terhadap faktor-faktor yang kurang mendukung kinerja diantaranya perlu pengoperasian TPA yang bersifat komunal yang dapat menampung sampah dari beberapa wilayah kecamatan yang berdekatan, perlu dilakukan upaya untuk merubah perilaku masyarakat dalam pembuangan sampah melalui pembinaan dan penyuluhan secara intensif, perlu dilakukan intensifikasi penerimaan retribusi sampah dan perlu diupayakan peningkatan jangkauan pelayanan sehingga pelayanan pembuangan sampah bisa dinikmati oleh lebih banyak lagi warga masyarakat. Kata Kunci: Kinerja, Faktor yang mempengaruhi

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:24134
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:24 Nov 2010 08:11
Last Modified:24 Nov 2010 08:11

Repository Staff Only: item control page