PERLINDUNGAN HAK ATAS MEREK PRODUK FASHION (STUDI KASUS MEREK INAV BY INTAN AVANTIE DI KOTA SEMARANG)

Tani, Jeanne Yaqualine (2010) PERLINDUNGAN HAK ATAS MEREK PRODUK FASHION (STUDI KASUS MEREK INAV BY INTAN AVANTIE DI KOTA SEMARANG). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
192Kb

Abstract

ABSTRAK Guna memperoleh perlindungan hukum atas merek, wajib dilakukan pendaftaran merek sebagaimana diatur dalam Pasal 3 Undang- Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek. Pasal tersebut mengharuskan adanya merek yang terdaftar dalam Daftar Umum Merek agar pemilik merek tersebut dapat memperoleh hak eksklusif atas mereknya. Apabila suatu merek belum terdaftar dalam Daftar Umum Merek yang dibuktikan dengan adanya sertifikat merek, maka akan sulit memperoleh perlindungan hukum atas suatu merek. Tujuan dari penyusunan tesis ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pemegang hak atas merek produk fashion INAV di kota Semarang dan mengetahui keuntungan serta kerugian antara merek terdaftar dan merek yang tidak terdaftar. Metode yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah metode pendekatan yuridis empiris karena penelitian hukum ini menggunakan data dari bahan-bahan pustaka (data sekunder) dan data yang diperoleh langsung dari masyarakat (data primer). Spesifikasi penulisan adalah deskriptif analitis, yaitu memberikan gambaran secara rinci, menyeluruh, dan sistematis mengenai kenyataan yang terjadi, yaitu mengenai pelaksanaan perlindungan hukum atas merek bagi pemilik yang berhak atas suatu merek berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek. Hasil penelitian menggambarkan bahwa merek INAV sebagai merek terdaftar dapat mengajukan gugatan baik gugatan secara perdata dan gugatan pidana, apabila mereknya tersebut telah dilanggar oleh pihak lain yang tidak memiliki itikad baik, sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 4 Undang- Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek. Kata Kunci : merek, pendaftaran merek, dan perlindungan hak atas merek. ABSTRACT In order to achieve the law protection on the brand, there is an obligation to complete the brand registration as governed upon Article 3 the Law of Republic of Indonesia Number 15 Year 2001 Register Marks. The Section governs the registered brand within the General Register of Marks. List in order to make the brand owner to have the exclusive right on the brand. If the brand is not registered upon the General Register of Marks that is proved by the existence of the brand certificate, it will be difficult to achieve the law protection on the brand. The purpose of the thesis is to acknowledge the execution of the law protection, the brand owner of the special culinary product of INAV fashion in Semarang City and to acknowledge the profit and with the damage of the registration brand between the brand is not registrered. The thesis used juridical normative as the approach method since the research used literature (secondary data) and the society direct data (primary data). The writing specification was descrification analytical which provided detail, complete, and systematic description upon the present reality that was upon the execution of the law protection on the brand for the justified owner of the brand based upon the Article 15 the Law of Republic of Indonesia Number 15 Year 2001 Register Marks. The research result illustrate that the brand can be registered as a brand of INAV by Intan Avantie fashion lawsuit filed by both civil and litigation, whenever the brand has been infringed by another party who does not have a good faith, as defined in Article 4 the Law of Republic of Indonesia Number 15 Year 2001 Register Marks. Keyword : trademark, mark registration, and mark certificate

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Notary
ID Code:24095
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:22 Nov 2010 10:10
Last Modified:22 Nov 2010 10:10

Repository Staff Only: item control page