ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK MELALUI KINERJA PEMASARAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi kasus pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan)

SUENDRO, GINANJAR (2010) ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK MELALUI KINERJA PEMASARAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi kasus pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
837Kb

Abstract

ABSTRAKSI Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Persaingan bisnis dalam perkembangan di era globalisasi menuntut perusahaan harus mampu bersikap dan bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis yang bergerak sangat dinamis dan penuh dengan ketidakpastian. Demikian juga untuk pasar batik. Dalam bisnis ini terdapat banyak pesaing langsung. Oleh karena itu harus disikapi dengan bijak dengan memperhatikan inovasi produk batik. Untuk itu penelitian tentang inovasi produk batik layak untuk dilakukan. Inovasi produk batik dipilih karena kurangnya inovasi produk. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk sebagai upaya mempengaruhi kinerja pemasaran untuk peningkatan keunggulan bersaing berkelanjutan. Permasalahan riset bersumber pada 2 (dua) hal yaitu pertama adalah research gap dari Baker dan sinkula (1999), dengan han et al. (1998). Permasalahan kedua bersumber dari research problem yaitu kurangnya inovasi produk (dari pra survei). Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk yang nantinya mempengaruhi kinerja pemasaran dan akhirnya pada terbentuknya keunggulan bersaing berkelanjutan. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari responden pengusaha batik berjumlah 114 responden. Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut, nilai chi square =170,190; probability = 0,067; GFI = 0,862; AGFI = 0,817; CFI = 0,979; TLI = 0,975; RMSEA = 0,040; CMIN/DF = 1,182. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk dapat ditingkatkan dengan meningkatkan orientasi pelanggan, orientasi pesaing dan koordinasi lintas fungsi. Selanjutnya, inovasi produk yang semakin tinggi akan mempengaruhi kinerja pemasaran dan selanjutnya meningkatkan keunggulan bersaing berkelanjutan. Kata kunci : orientasi pelanggan, orientasi pesaing, koordinasi lintas fungsi, inovasi produk, kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan v ABSTRACT Era of globalization has demanded a change in the old paradigm in all areas, one of which is the field of marketing. Competition in the development business in the era of globalization requires companies to be able to act and act quickly and appropriately in the face of competition in the moving business environment is very dynamic and full of uncertainty. Similarly, the market for batik. In this business there are many direct competitors. Must therefore be dealt with wisely by observing Product Inovation of batik. For that research on Product Inovation batik worth it. Product Inovation batik was chosen because the less Product Inovation of batik. This study analyzes the factors that influence Product Inovation as an effort to influence Marketing Working to increase Sustainable Competitive advantages. Research problem based on 2 (two) things: First is the research gap of Baker dan sinkula (1999), dengan han et al. (1998). The second problem comes from the research problem that is the less Product Inovation of batik (for pra survey). From those problems, that underlie this research, namely to determine the factors that influence Product Inovation that will influence Marketing Working and ultimately to Sustainable Competitive advantages. In this study developed a theoretical model of the proposed six hypotheses to be tested using Structural Equation Model (SEM) using AMOS software 16. Respondents used in this study was taken from respondents bussinessman batik respondents numbered 114. Results from SEM data processing for the full model meets the goodness of fit as follows, the value of chi square =170,190; probability = 0,067; GFI = 0,862; AGFI = 0,817; CFI = 0,979; TLI = 0,975; RMSEA = 0,040; CMIN/DF = 1,182. Thus it can be said that the model is feasible for use. The results of this study showed that Product Inovation can be improved by increasing Customer Orientation, Competitor Orientation and Coordination Of Across Function. Furthermore, Product Inovation that will affect the higher Marketing Working and further increase Sustainable Competitive advantages Keywords: Customer Orientation, Competitor Orientation, Coordination Of Across Function, Product Inovation, Marketing Working, and Sustainable Competitive advantages

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:24072
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:19 Nov 2010 10:24
Last Modified:19 Nov 2010 10:24

Repository Staff Only: item control page