STUDI TENTANG PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MELALUI SIKAP TERHADAP MEREK (Kasus pada Merek Pasta Gigi Ciptadent di Semarang)

PUJADI, BAMBANG (2010) STUDI TENTANG PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MELALUI SIKAP TERHADAP MEREK (Kasus pada Merek Pasta Gigi Ciptadent di Semarang). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1211Kb

Abstract

ABSTRAKSI Era globalisasi telah menuntut adanya perubahan paradigma lama dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang pemasaran. Persaingan bisnis dalam perkembangan di era globalisasi menuntut perusahaan harus mampu bersikap dan bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis yang bergerak sangat dinamis dan penuh dengan ketidakpastian. Demikian juga untuk pasar pasta gigi. Dalam bisnis ini terdapat banyak pesaing langsung. Oleh karena itu harus disikapi dengan bijak dengan memperhatikan merek dari pasta gigi. Untuk itu penelitian tentang merek pasta gigi layak untuk dilakukan. Merek pasta gigi Ciptadent dipilih karena meskipun tidak terjadi penurunan pada TOM Ad tetapi terjadi penurunan pada TOM Brand dan Brand Share. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi citra merek sebagai upaya mempengaruhi sikap terhadap merek untuk peningkatan minat beli. Permasalahan riset bersumber pada 2 (dua) hal yaitu pertama adalah research gap dari Knight and Kim (2007), dengan Sutantio (2004) dan Aaker (1991). Permasalahan kedua bersumber dari research problem yaitu ditemukan pada kinerja produk personal tahun 2008-2009 (Swa, Agustus 2009). Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi citra merek yang nantinya mempengaruhi sikap terhadap merek dan akhirnya pada terbentuknya minat beli. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software AMOS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari responden yang berrminat beli pasta gigi ciptadent berjumlah 102 responden. Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut, nilai chi-square = 121,214; probability = 0,260; GFI = 0,889; AGFI = 0,849; TLI = 0,988; CFI = 0,990; CMIN/DF = 1,082; RMSEA = 0,029. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dapat ditingkatkan dengan meningkatkan persepsi kualitas dan kualitas pesan iklan. Selanjutnya, citra merek yang semakin tinggi akan mempengaruhi sikap terhadap merek dan selanjutnya meningkatkan minat beli. Kata kunci : persepsi kualitas, kualitas pesan iklan, citra merek, sikap terhadap merek, dan minat beli ABSTRACT Era of globalization has demanded a change in the old paradigm in all areas, one of which is the field of marketing. Competition in the development business in the era of globalization requires companies to be able to act and act quickly and appropriately in the face of competition in the moving business environment is very dynamic and full of uncertainty. Similarly, the market for toothpaste. In this business there are many direct competitors. Must therefore be dealt with wisely by observing the brand of toothpaste. For that research on the toothpaste brands worth it. Ciptadent toothpaste brand was chosen because although it is not a decline in ad TOM but a decline in the TOM Brand and Brand Share. This study analyzes the factors that influence the brand image as an effort to influence attitudes toward the brand to increase interest in buying. Research problem based on 2 (two) things: First is the research gap of Knight and Kim (2007), with Sutantio (2004) and Aaker (1991). The second problem comes from the research problem that is found in the performance of personal products in 2008-2009 (Swa, August 2009). From those problems, that underlie this research, namely to determine the factors that influence the brand image that will influence attitudes toward the brand and ultimately to the formation of buying interest. In this study developed a theoretical model of the proposed six hypotheses to be tested using Structural Equation Model (SEM) using AMOS software 16. Respondents used in this study was taken from respondents who bought interest toothpaste ciptadent respondents numbered 102. Results from SEM data processing for the full model meets the goodness of fit as follows, the value of chi-square = 121.214; probability = 0.260; GFI = 0.889; AGFI = 0.849; TLI = 0.988; CFI = 0.990; Cmin / DF = 1.082; RMSEA = 0.029. Thus it can be said that the model is feasible for use. The results of this study showed that brand image can be improved by increasing the perception of quality and quality of advertising messages. Furthermore, the brand image that will affect the higher attitudes toward the brand and further increase the interest purchased Keywords: perception of quality, the quality of advertising messages, brand image, attitude toward the brand, and interest in purchasing

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:24061
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:19 Nov 2010 09:05
Last Modified:19 Nov 2010 09:05

Repository Staff Only: item control page