STUDI TENTANG INTENSITAS PENGGUNAAN ELECTRONIC BANKING OLEH NASABAH PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK (BCA) KANTOR CABANG UTAMA SEMARANG

WIDIASTUTI, BERLIAN (2010) STUDI TENTANG INTENSITAS PENGGUNAAN ELECTRONIC BANKING OLEH NASABAH PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK (BCA) KANTOR CABANG UTAMA SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
569Kb

Abstract

ABSTRACT The purpose of this research is to test the effect of consumers value and system quality toward trust in order to increase frequency of the use of internet banking. The background of this research is: there are some cases that show cheatedness by electronic banking media that resulted in the decrease of consumers trust for electronic banking. This cases effect on the bank; the larger operational cost to increase the traditional facility and spend investment cost for useless electronic banking system. The sample in this research are 180 BCA consumer as respondent. The technique used in this research was purposive sampling. Sampling by certain characteristics. Certain characteristics means only for consumer whose at least one product connected with electronic banking facility and using electronic banking facility in financial and non financial transaction for above 6 months. Structural Equation Modelling (SEM) run by AMOS software, used to analyze the data. The analysis result shows that consumer value and system quality effected on trust in order to increase the use of internet banking. This empirical result indicates that consumers value have significant effect toward trust, system quality have significant toward trust, and trust have significant toward the use of internet banking. Keywords: consumers value, system quality, trust, and the use of internet banking frequency. ABSTRAKSI Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh nilai pelanggan dan kualitas sistem terhadap trust dalam meningkatkan penggunaan frekuensi internet banking. Alasan penelitian ini dilakukan karena adanya beberapa kasus kecurangan dengan media electronic banking mengakibatkan menurunnya kepercayaan (trust) nasabah dalam penggunaan electronic banking. Hal ini memberi dampak kepada bank yaitu akan berakibat membesarnya biaya operasional untuk memperbanyak fasilitas yang bersifat tradisional dan pembuangan biaya untuk investasi sistem electronic banking yang pada akhirnya tidak digunakan. Sampel penelitian ini adalah nasabah bank BCA, sejumlah 180 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu. Yang dimaksud karakteristik tertentu yaitu hanya nasabah BCA yang memiliki sekurang-kurangnya satu produk yang terkoneksi dengan fasilitas electronic banking dan menggunakan fasilitas electronic banking dalam transaksi non dan finansial selama > 6 bulan. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai pelanggan dan kualitas sistem berpengaruh terhadap trust dalam meningkatkan penggunaan frekuensi internet banking. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap trust; kualitas system berpengaruh signifikan terhadap trust; trust berpengaruh signifikan terhadap penggunaan frekuensi internet banking. Kata Kunci : nilai pelanggan, kualitas sistem, trust, dan penggunaan frekuensi internet banking

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:24049
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:18 Nov 2010 10:30
Last Modified:18 Nov 2010 10:30

Repository Staff Only: item control page