SURANTO, SURANTO (2010) MANAJEMEN DAN TINGKAT KEPUASAN PEDAGANG PENGGUNA PADA SUBTERMINAL AGRIBISNIS SEWUKAN DI KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
| PDF - Published Version 387Kb |
Abstract
ABSTRACT Suranto. H4300656. Management and The Level of The User Trader Satisfication on Sub Terminal of Agribusiness Sewukan in Magelang Regency. The first advisor is Prof. Ir. Bambang Suryanto, MS, PSI and the second advisor is Ir. Edy Prasetyo, MS. The Purpose of research 1) Identifying the level of applying management functions (planning, organizing, actuating, controlling, and evaluating) that are done by the STA Sewukan Manager 2) Knowing the score level of management of STA Sewukan Magelang 3) Counting the income level of STA Sewukan Magelang user trader 4) Identifying qualitative variables of location’s condition, service level and STA Sewukan Location cost 5) Analyzing the effect of location’s condition, service level, and STA Sewukan location price to the income level of user trader 6) Analyzing the satisfication level of STA Sewukan user trader. The advantages of the research 1) As the references by the manager of STA Sewukan Magelang in the framework of defending the the balancy and increasing STA Sewukan Magelang 2) As the references by the regional government in the framework of agribusiness terminal station development 3) As the references by the researchers who have the interest to the agribusiness terminal station problem. The method of research is using survey method, data collecting is made by interview, data sources that are used are primary and secondary data. Sampling is created by simple random sampling. Data analysis method uses scoring method, mathematically analysis and multiple linear regression. The results of the research are 1) Partially, the application of organization function effects positive, while the planning function, controlling work, and evaluation don’t effect obviously in manager of STA Sewukan, 2) The management done by STA Sewukan Magelang is included planiing with the total score 4,2 (really good), organizing with the score 3,9 (capable), actuating with the score 4,3 (really capable), controlling and evaluating with the score 4,0 (really capable), 3) The daily average of income level of STA Sewukan user trader is Rp. 365.675,- 4) STA Sewukan trader’s perception to the location conditions is comfortable to the service level is worthed and to the location rent cost is suitable and doesn’t matter 5) Partially the condition of the place effects truly to the STA Sewukan trader’s income, 6) The trader is STA Sewukan is satisfied to the STA in Sewukan Magelang. ABSTRAK Suranto, H4B00656. Manajemen dan Tingkat Kepuasan Pedagang Pengguna Pada Sub Terminal Agribisnis Sewukan di Kabupaten Magelang. Dosen Pembimbing Utama Prof. Ir. Bambang Suryanto, MS, PSI dan Dosen Pembimbing kedua Ir Edy Prasetyo, MS Tujuan penelitian 1) Mengidentifikasi tingkat penerapan fungsi-fungsi manajemen (Planning, Organizing, Actuating, Controlling dan Evaluating) yang dilakukan oleh pengelola STA Sewukan 2) Mengetahui tingkat skor pengelolaan STA Sewukan Magelang 3) Menghitung tingkat pendapatan para pedagang pengguna STA Sewukan Magelang 4) Mengidentifikasi variabel-variabel kualitatif kondisi tempat, tingkat pelayanan, dan harga lokasi STA Sewukan berdasarkan persepsi para pedagang pengguna 5) Menganalisis pengaruh kondisi tempat, tingkat pelayanan, dan harga lokasi STA Sewukan terhadap tingkat pendapatan para pedagang pengguna 6) Menganalisis tingkat kepuasan pedagang pengguna STA Sewukan. Manfaat penelitian 1) Sebagai bahan acuan bagi para pengelola STA Sewukan Magelang dalam rangka mempertahankan kesinambungan dan meningkatkan STA Sewukan Magelang, 2) Sebagai bahan acuan bagi pemerintah daerah dalam rangka kebijakan pembangunan agribisnis serta pengembangan stasiun terminal agribisnis 3) sebagai acuan bagi para peneliti yang mempunyai ketertarikan terhadap permasalahan stasiun terminal agribisnis. Metode penelitian dengan menggunakan metode survai, pengumpulan data dengan cara wawancara, sumber data yang dipergunakan adalah data primer dan sekunder. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Metode analisis data dengan menggunakan scoring method, analisis secara matematis, dan analisis regresi linier berganda (multiple linear regression). Hasil penelitian adalah 1) Secara partial penerapan fungsi pengorganisasian berpengaruh positif, sedangkan fungsi perencanaan, pelaksanaan pengendalian, dan evaluasi tidak berpengaruh nyata dalam pengelola di STA Sewukan Magelang, 2) Manajemen STA Sewukan Magelang yang dilakukan oleh pengelola STA yang meliputi : Perencanaan dengan toal skor 4,2 (sangat baik), pengorganisasian dengan total skor 3,9 (mampu), pelaksanaan dengan total skor 4,3 (sangat mampu), pengendalian dan evaluasi dengan total skor 4,0 (sangat mampu), 3) Rata-rata tingkat pendapatan pedagang pengguna STA Sewukan setiap harinya sebesar Rp. 365.675,-, 4) Persepsi pedagang STA Sewukan terhadap kondisi tempat adalah nyaman, terhadap tingkat pelayanan adalah memadai, dan terhadap harga sewa lokasi cukup sesuai dan tidak memberatkan 5) Secara partial kondisi tempat berpengaruh nyata terhadap pendapatan pedagang STA Sewukan, tingkat pelayanan dan harga sewa lokasi tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan pedagang STA Sewukan, 6) Pedagang di STA sewukan sangat puas terhadap STA yang ada di Sewukan Magelang. Kata Kunci : Fungsi Manajemen, Tingkat Kepuasan Pedagang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Architecture |
ID Code: | 24005 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 16 Nov 2010 09:00 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 09:00 |
Repository Staff Only: item control page