Proses Komunikasi dalam Program Manajemen Kasus HIV dan AIDS

Septianto, Tiko (2010) Proses Komunikasi dalam Program Manajemen Kasus HIV dan AIDS. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa seseorang yang mengidap virus HIV atau penyakit AIDS memerlukan orang lain untuk mendampinginya. Saat-saat ODHA berada dalam kondisi kurang memiliki informasi dan pengetahuan yang lengkap dan benar tentang HIV dan AIDS serta kondisi psikologis mereka yang labil membuat mereka sangat membutuhkan dukungan dari orang-orang disekitarnya. Dukungan kepada ODHA ini kemudian diberikan lewat Program Manajemen Kasus HIV dan AIDS yang berfungsi mendampingi dan memfasilitasi mereka dalam hal pelayanan kesehatan, memberikan informasi dan pengetahuan yang mendalam tentang HIV AIDS atau bagaimana hidup HIV AIDS serta memberikan dukungan moril kepada mereka. Kepastian informasi yang dibutuhkan ODHA serta tujuan pemberian dukungan moril dapat tercapai apabila telah tercipta hubungan komunikasi antar Manajer Kasus dan ODHA. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses komunikasi yang terjadi dalam manajemen kasus HIV dan AIDS, antara Manajer Kasus dan ODHA dalam hal saling berbagi informasi dan pengetahuan tentang HIV AIDS, serta bagaimana pendamping memberikan dukungan moril yang dapat membangkitkan motivasi hidup ODHA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberi gambaran bagaimana proses komunikasi yang berlangsung dalam Program Manajemen Kasus HIV dan AIDS, mengetahui bagaimana interaksi dan komunikasi yang dilakukan antara Manajer Kasus dan ODHA, pendekatan komunikasi yang dilakukan oleh Manajer Kasus pada ODHA dalam program pendampingan HIV dan AIDS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metoda penelitian studi kasus dan tipe penelitian yang digunakan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Manajer Kasus HIV AIDS (pendamping) di BKPM Kota Semarang dan Orang dalam HIV AIDS (ODHA) yang pernah ditangani oleh MK. Pengumpulan data akan dilakukan dengan jalan wawancara atau interview secara mendalam dengan petugas manajemen kasus HIV AIDS (pendamping) dan Orang dalam HIV AIDS (ODHA) yang pernah ditangani oleh MK. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik penjodohan pola dan pembuatan penjelasan dalam metodologi studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, saat seseorang divonis mengidap HIV ia tidak memiliki pengetahuan dan informasi yang lengkap, serta mempunyai pemahaman yang salah tentang HIV dan AIDS. Membangun hubungan kedekatan yang mutlak diperlukan agar suatu relasi dapat tumbuh dan berkembang dilakukan dengan jalan menanamkan kepercayaan pada diri ODHA akan Manajer Kasus sampai kemudian timbul sikap keterbukaan. Dalam tahapan-tahapan Program Manajemen Kasus HIV dan AIDS kemudian ditemukan penggunaan komunikasi antarpribadi antara Manajer Kasus dan ODHA seperti menumbuhkan perasaan empati, kedekatan (keakraban), keterbukaan. Tujuan akhir yang ingin dicapai oleh Manajer Kasus dalam tugas dan perannya bagi ODHA adalah agar ODHA yang dia dampingi dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri dan mempunyai semangat hidup kembali.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:23926
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:11 Nov 2010 09:38
Last Modified:11 Nov 2010 09:38

Repository Staff Only: item control page