Hubungan Daya Tarik Kreatif Iklan dan Store Atmosphere terhadap Minat Beli Produk Kedai Digital

Restu Hidayati, Kartika Esthiningtyas (2010) Hubungan Daya Tarik Kreatif Iklan dan Store Atmosphere terhadap Minat Beli Produk Kedai Digital. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
118Kb

Abstract

Kata Kunci : daya tarik, kreatif iklan, store atmosphere, minat beli, Kedai Digital Perkembangan bisnis digital printing yang mengakibatkan persaingan semakin hebat disikapi perusahaan dengan menciptakan strategi komunikasi pemasaran baru untuk berpromosi. Diperlukan inovasi yang berbeda dan unik dari pesaing untuk menerobos kerumunan iklan dengan produk yang hampir sama, diantaranya melalui daya tarik kreatif iklan dan penciptaan store atmosphere. Iklan yang kreatif baik secara fisik maupun pesan iklan akan berperan lebih penting dalam keberhasilan komunikasi dengan khalayak karena khalayak akan memberikan penilaian yang positif terhadap produk tersebut dan pada akhirnya akan memiliki keinginan untuk membelinya. Demikian pula dengan store atmosphere yang direncanakan dan dibuat secara menarik akan memberikan suasana pembelian yang menyenangkan dan nyaman bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan daya tarik kreatif iklan dan store atmosphere Kedai Digital terhadap minat beli produk. Beberapa teori yang berkaitan dengan pesan dan sikap digunakan sebagai pijakan menjelaskan pengaruh daya tarik kreatif iklan dan store atmosphere terhadap minat beli produk Kedai Digital, antara lain teori Hierarchy Of Effects Model dan teori Retail Mix Tipe penelitian yang dipakai adalah eksplanatori yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal antar variabel yang diteliti dengan melakukan pengujian hipotesa yang telah dirumuskan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan quota sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan rumus Konkordinasi Rank Kendall dengan bantuan program komputer SPSS Release 17.0 diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,841 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena sig sebesar 0.000 < 0.01, maka inferensi yang diambil adalah hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara daya tarik kreatif iklan dan store atmosphere terhadap minat beli produk Kedai Digital diterima. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa hubungan daya tarik kreatif iklan dan store atmosphere terhadap minat beli produk Kedai Digital sangat signifikan apabila dilaksanakan secara bersamaan. Namun, menurut hasil penelitian mandiri antara store atmosphere terhadap minat beli produk Kedai Digital diketahui tidak signifikan. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian tersebut adalah Kedai Digital sebaiknya perlu memperhatikan strategi komunikasi pemasarannya dengan lebih menfokuskan pada bentuk promosi iklan secara lebih intens dengan mengandalkan daya tarik kreatif iklannya yang diketahui mampu mendorong minat beli produk, dan mengurangi menfokuskan kegiatan perencanaan terhadap store atmosphere karena dari hasil uji korelasi diperoleh bahwa store atmosphere dalam penelitian ini diketahui tidak mampu mendorong minat beli konsumen terhadap produk.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:23909
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Nov 2010 13:48
Last Modified:10 Nov 2010 13:48

Repository Staff Only: item control page