PERANAN SEKOLAH DALAM PROSES SOSIALISASI POLITIK ( Studi Penelitian terhadap Siswa SMA Negeri 2 Semarang )

ZUHRI, SIHABUDIN (2010) PERANAN SEKOLAH DALAM PROSES SOSIALISASI POLITIK ( Studi Penelitian terhadap Siswa SMA Negeri 2 Semarang ). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
475Kb

Abstract

ABSTRAKSI PERANAN SEKOLAH DALAM PROSES SOSIALISASI POLITIK ( Studi penelitian terhadap siswa SMA Negeri 2 Semarang ) SMA Negeri 2 Semarang memiliki peranan yang penting dan fundamental di dalam proses sosialisasi politik pada peserta didik. Proses sosialisasi politik merupakan proses membantu perkembangan individu menjadi makhluk sosial yang dapat beradaptasi dengan baik didalam masyarakat, menjadi warga negara yang baik serta mengerti hak dan kewajiban sebagai warga negara. Sekolah merupakan tempat berlangsungnya proses pendidikan dan bagian dari proses sosialisasi politik baik langsung maupun tidak langsung. Untuk mendapatkan gambaran tentang proses sosialisasi politik dan kunci pelaksanaan sosialisasi politik di SMA Negeri 2 Semarang dapat dilihat dari sosialisasi politik secara langsung berupa pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Sedangkan sosialiasai politik secara tidak langsung dengan cara magang menjadi anggota organiasasi yang ada di Sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan untuk mendapatkan informasi data penelitian, penulis menggunakan teknik sampling berimbang ( proportional sampling ). Sampling berimbang selalu dikombinasikan dengan teknik lain yang berhubungan dengan populasi yang tidak homogen. Kata “ berimbang “ menunjuk pada ukuran jumlah yang tidak sama, disesuaikan dengan jumlah anggota tiap-tiap kelompok yang lebih besar. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa yang menjadi poin-poin penting pada proses sosialisasi politik terhadap siswa SMA Negeri 2 Semarang : Pertama, proses sosialisasi politik secara langsung melalui metode pembelajaran politik yang inovatif, kreatif dan menyenangkan. Proses pembelajaran tersebut dilakukan dengan cara memberikan kesempatan dan keterlibatan yang seluas-luasnya kepada siswa untuk mengekspresikan ide, gagasan dan kreativitasnya melalui diskusi, presentasi, debat dan studi kasus yang berkaitan dengan politik. Hasil yang diperoleh selain pengetahuan politik juga keterampilan kewarganegaraan dengan mendemonstrasikan organisasi politik yang dibentuknya dan mendemonstrasikan tatacara menggunakan hak pilih dalam pemilu. Kedua, proses sosialisasi politik secara tidak langsung merupakan upaya peningkatan pelayanan kepada peserta didik melalui pengembangan diri baik melalui kegiatan ekstrakurikuler maupun organisasi yang ada di sekolah seperti OSIS, MPK, ROHIS, PASKIBRA, PMR dan lain sebagainya. Dengan magang atau belajar berorganisasi di sekolah, diharapkan nantinya akan berpengaruh positif pada peserta didik ketika beraktivitas dalam sebuah organisasi yang berhubungan dengan politik secara langsung. Ketiga, pembelajaran sosialisasi politik membuat siswa memiliki sikap yang demokratis. Penelitian ini tentunya memiliki kelemahan yang tidak dapat diabaikan. Misalnya, melaksanakan program pembelajaran politik di luar sekolah baik pada lembaga-lembaga politik maupun pada lembaga/instansi pemerintah. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lanjutan sebagai agenda penelitian mendatang. Kata Kunci: Sosialsasi Politik, Pembelajaran Inovatif dan Magang menjadi anggota organisasi sekolah ABSTRACT ROLE OF SCHOOL IN POLITICAL SOCIALIZATION PROCESS ( The Study of State Senior High School 2 nd Semarang ) The State Senior High School 2 nd Semarang has an important and fundamental role in the political socialization process on its students. Process of political socialization is the process that helps individual development become social beings who can adapt well in society, be good citizens and understand the rights and obligations as citizens. School is a place where an educational and political socialization process are directly and indirectly held. The description of the political socialization process at State Senior High School 2 nd Semarang has been condused through an active, creative, innovative and fun learning. While the political socialization process can be indirectly seen through extracurricular program. The researcher used descriptive quantitative as a method of the research and balanced sampling (proportional sampling) as a technique to gain the data. Balanced sampling is always combined with other techniques in correlation to the population that is not homogeneous. The word “ balanced” means different numbers adjusted by the number of greater members of each group. Research results show that there are some important things in the process of political socialization of students at State Senior High School 2 nd Semarang. The first, political socialization process is directly seen through the active, creative, innovative and fun learning methods in politics. The learning process is done by providing a lot of opportunities and participation to students in expressing their ideas through discussion, presentation, debate and case studies related to politics. The students obtain political knowledge and citizenship skills through the demonstration of forming political organization and practicing how to use the right in general election. The second, political socialization process is indirectly seen through extracurricular programs, such as: OSIS, MPK, ROHIS, Paskibra, PMR and others. The students gain the organization skills that can be implemented in the real political organization. The third, students have a democratic attitude through political learning. This research certainly has drawbacks that can not be ignored, such as implementing the political program of learning outside the school -- political institutions and institutional / government. Therefore, further research is needed as a future research agenda. Keyword: Political socialization, innovative learning and being a member of school organization

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Administration
ID Code:23898
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:10 Nov 2010 09:52
Last Modified:10 Nov 2010 09:52

Repository Staff Only: item control page