ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN DI STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UNTUK UMUM (SPBU) DI SEMARANG

DEPARY, ASTRID ORSINI (2010) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN DI STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UNTUK UMUM (SPBU) DI SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
865Kb

Abstract

ABSTRACT This research tries to examine the influence of market orientation, product feature, and sales distribution effectiveness on marketing performance of Public Gas Station (SPBU) Pertamina in Semarang area. Data collection was gained through questionnaires that were specifically defined to measure market orientation, product feature, sales distribution effectiveness, and marketing performance. The questionnaires were distributed to 83 respondents. Then, data is analyzed by the index value, qualitative analysis and multiple regressions to confirm whether there is any impact among each of the independent variables on the dependent variables. The hypotheses test of the multiple regressions results show that market orientation, product feature, and sales distribution effectiveness are positively and significantly impact on marketing performance of SPBU in Semarang. However descriptive test toward the observed variables index shows that the index of market orientation is 87.1, it means that the level of market orientation of SPBU in Semarang is categorized as extremely high, the index of product feature is 48.7, it means that the level of product feature is categorized as moderate, the index of the sales distribution effectiveness is 57.9. It means that the level of the sales distribution is categorized as moderate, and finally, the index of the marketing performance of SPBU in Semarang is 63.2 and it shows that the level of the marketing performance of the SPBU in Semarang is considered as moderate. Keyword : market orientation, product feature, sales distribution effectiveness, and marketing performance ABSTRAKSI Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjawab permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu untuk meneliti apakah orientasi pasar, kelengkapan produk, dan efektifitas saluran distribusi berpengaruh terhadap kinerja pemasaran di SPBU Pertamina di wilayah Semarang. Untuk dapat memperoleh data mengenai orientasi pasar, kelengkapan produk, efektifitas saluran distribusi, dan kinerja pemasaran maka disusunlah sebuah kuesioner dengan menggunakan item-item pertanyaan yang merupakan alat ukur dari variabel-variabel tersebut. Kuesioner yang telah tersusun tersebut selanjutnya disebarkan kepada 83 responden SPBU di Semarang. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan nilai indeks, analisis kualitatif dan uji regresi berganda untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh dari masing-masing variabel independen terhadap variabel independen. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji regresi berganda menunjukkan bahwa orientasi pasar, kelengkapan produk, dan efektifitas saluran distribusi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran SPBU di Semarang. Sedangkan dari hasil perhitungan deskriptif yang dilakukan pada variabel-variabel penelitian dengan menggunakan nilai indeks menunjukkan indeks orientasi pasar SPBU di Semarang adalah sebesar 87.1 yang menunjukkan bahwa orientasi pasar SPBU di Semarang termasuk dalam kategori sangat tinggi, indeks kelengkapan produk SPBU di Semarang adalah sebesar 48.7 yang menunjukkan bahwa kelengkapan produk SPBU adalah sedang, indeks citra efektifitas saluran distribusi adalah sebesar 57.9 yang menunjukkan bahwa efektifitas saluran distribusi juga termasuk dalam kategori sedang, dan indeks kinerja pemasaran SPBU di Semarang adalah sebesar 63.2 yang menunjukkan bahwa minat kinerja pemasaran di SPBU Kota Semarang adalah sedang. Kata kunci : orientasi pasar, kelengkapan produk, efektifitas saluran distribusi, dan kinerja pemasaran

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:23886
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:10 Nov 2010 08:21
Last Modified:10 Nov 2010 08:21

Repository Staff Only: item control page