ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang)

Dinawan, M Rhendria (2010) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
302Kb

Abstract

ABSTRACT Research on consumer purchasing decisions on a motorcycle product pretty much done. This study aims to examine the return on the factors that influence consumer purchase decisions on a motorcycle Mio. The factors used are quality product, competitive prices,and brand image are hypothesited to influence the purchasing decisions of products of Yamaha Mio. The analytical method used to analyze the effect of variable product quality, competitive price, brand image to the purchasing decision is by using multiple regression analysis with the help of statistical program spss for windows version 14 and if the P value < 0,05 then the Ha accepted and if the P value > 0,05 then the Ha rejected. Result research found that the regression equation that is formed is Y = 0,303X1 + 0,255X2 + 0,334X3. simultaneously the product quality variable(X1), competitive price(X2), brand image(X3), can influence the purchase decision because the value of the purchasing decision is a quality product, competitive price, brand image, variable partially sellers can not affect the purchase decision. Advice obtained by the study is the need for marketers to improve the image of Yamaha Mio to give the impression that the motor Yamaha Mio is not cheap. So it can beconcluced there is a adjustment to the price of product quality, on the other hand also need for mutual cooperation to be mutually provide products with high quality products, competitive price, and good brand image. Keyword : Product Quality, Competitive price, Brand image, Purchase decision ABSTRAKSI Penelitian mengenai keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sepeda motor cukup banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kembali mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk sepeda motor Mio. Faktor-faktor yang digunakan adalah Kualitas produk, Harga kompetitif, dan Citra merek yang dihipotesiskan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Yamaha Mio. Metode analisis yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas produk, harga kompetitif, citra merek terhadap keputusan pembelian adalah dengan mengguanakan analisis regresi berganda dengan bantuan program statistik SPSS for window versi 14 dan uji hipotesis yang berpedoman pada apabila P value < 0,05 maka kesimpulannya Ha diterima dan apabila P value > 0,05 maka Ha ditolak.Hasil penelitian mendapatkan bahwa persamaan regresi yang terbentuk adalah Y: 0,303 X1 + 0,255 X2 + 0,334 X3 . Secara simultan variabel kualitas produk (X1), harga kompetitif (X2), citra merek (X3) dapat mempengaruhi keputusan pembelian karena nilai koefisien uj F hitung sebesar 34,339, sedangkan secara parsial tidak dapat tidak dapat mempengaruhi keputusan pembelian adalah kualitas produk, harga kompetitif, citra merek. Variabel penjual secara parsial tidak dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Saran penelitian yang diperoleh adalah perlunya pemasar untuk meningkatkan image Yamaha Mio untuk memberikan kesan bahwa Yamaha Mio bukan motor murahan, sehingga dapat disimpulkan adanya kesesuaian harga dengan kualitas produk. Di sisi lain juga diperlukannya saling kerja sama untuk dapat saling menyediakan produk dengan Kualitas produk yang tinggi, Harga yang kompetitif, dan Citra merek yang baik. Keywords : Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:23755
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:05 Nov 2010 09:00
Last Modified:05 Nov 2010 09:00

Repository Staff Only: item control page