Limbong, Judianto (2010) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI RAWAT INAP PELAYANAN PENYAKIT DALAM GUNA MENDUKUNG KEPUTUSAN MANAJEMEN PELAYANAN DI RSUD dr H SOEMARNO SOSROADMOJO BULUNGAN KALIMANTAN TIMUR. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
| PDF - Published Version 3710Kb |
Abstract
ABSTRAK Judianto Limbong Pengembangan Sistem Informasi Rawat Inap Pelayanan Penyakit Dalam Guna Mendukung Keputusan Manajemen Pelayanan di RSUD dr H Soemarno Sosroadmojo Bulungan Kalimantan Timur xiv +140 halaman + 38 tabel + 46 gambar + 10 lampiran Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat inap dan pelayanan gawat darurat yang mencakup pelayanan kesehatan dan administrasi. Pelayanan rawat inap penyakit dalam sangat kompleks mulai dari kegiatan pelayanan pasien dan administrasi. Informasi kegiatan pelayanan penyakit dalam digunakan manajemen pelayanan untuk merencanakan, mengendalikan dan mengevaluasi mutu pelayanan. Dengan bantuan komputer akan memudahkan pengelolaan data pelayanan penyakit dalam menjadi informasi yang dibutuhkan oleh manajemen. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi rawat inap pelayanan penyakit dalam guna mendukung keputusan manajemen pelayanan di RSUD dr H Soemarno Sosroadmojo Bulungan Kalimantan Timur. Pengembangan sistem informasi dengan menggunakan metodologi FAST. Desain penelitian pre-eksperimental designs, dengan pendekatan one group pre and post test. Variabel penelitian adalah kualitas informasi dan keputusan manajemen pelayanan. Analisis data dengan metode Content Analysis (menganalisis terhadap pengembangan sistem informasi), analisis deskriptif (menilai kualitas informasi yang dihasilkan sistem) dan analisis inferensial (menguji kualitas informasi sebelum dan sesudah pengembangan sistem informasi). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan sistem informasi rawat inap pelayanan penyakit dalam mampu menghasilkan informasi yang berkualitas guna mendukung keputusan manajemen pelayanan, ditunjukkan dengan sebelum pengembangan sistem, kualitas informasi (ketersedian, kelengkapan, ketepatan waktu, kemudahan akses dan keakuratan informasi) belum terpenuhi, dan sesudah pengembangan sistem informasi, sistem mampu menghasilkan informasi yang berkualitas guna mendukung keputusan manajemen. Artinya ada peningkatan kualitas informasi sesudah dilakukan pengembangan sistem informasi, dengan perbedaan yang signifikan hal ini ditunjukkan dengan hasil uji statistik Sign Test, dimana probabilitas 0.0001 (ρ<0.05) Kesimpulan sistem informasi yang diusulkan lebih baik dari sistem informasi lama. Saran perlu diaplikasikan secara on-line dengan menggunakan LAN (Local Area Network) untuk penggunaan multiuser. Kata kunci : Sistem Informasi Rawat Inap Pelayanan Penyakit Dalam Pustaka : Jumlah 51 xvi Diponegoro University Postgraduate Program Master’s Program in Public Health Majoring in Health Management Information System 2010 ABSTRACT Judianto Limbong System Information Development on Internal Medicine Care Unit to Support Service Management Decision at RSUD dr. H. Soemarno Sosroadmojo, Bulungan, East Kuningan xiv + 140 pages + 38 tables + 46 figures + 10 enclosures Hospital is a health service facility that performing outpatient and inpatient cares and emergency care services. It includes health and administrative services. Internal medicine inpatient care services are very complex and it covers patient services and administration activities. Information from the internal medicine inpatient care service is used by the service management to plan, control and evaluate the service quality. Computer support will ease the transformation of internal medicine service data to become information needed by the management. The objective of this study was to construct an information system of inpatient internal medicine service to support service management decision at RSUD dr. H Soemarmo Sosroadmojo, Bulungan, East Kalimantan. The development of information system applied FAST methodology. A preexperimental study design and one group pre and post test approach were applied in this study. Study variables were quality, information and service management decision. A content analysis (to analyze the development of information system), a descriptive analysis (to assess the information quality produced by the system) and an inferential analysis (to test the quality of information before and after the development of information system) were performed. Results of the study showed that development of the information system of internal medicine inpatient service was able to produce good quality of information to support service management decision. A Sign Test result indicated that there was a statistically significant increase in the quality of information (availability, completeness, timeliness, and accessibility and information accuracy) before and after development of the system (p: 0.0001). In conclusion, the suggested information system is better than the old information system. It is necessary to apply it on-line through a Local Area Network (LAN) for multiuser usage. Key words : Internal medicine inpatient service information system Bibliography : 51
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health |
ID Code: | 23743 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 04 Nov 2010 14:32 |
Last Modified: | 23 Dec 2010 14:45 |
Repository Staff Only: item control page