ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL OLEH BIDAN DI PUSKESMAS DI KABUPATEN PURBALINGGA

Ariyanti, Dhiah Farida (2010) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL OLEH BIDAN DI PUSKESMAS DI KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
349Kb

Abstract

Cakupan indikator pelayanan KIA di Puskesmas Kabupaten Purbalingga dari tahun 2005 sampai tahun 2007 mengalami kenaikan. Di Kabupaten Purbalingga bidan yang bekerja di Puskesmas ada 66 Bidan. Semua puskesmas ada daftar tilik pelayanan antenatal yang digunakan sebagai penilaian dalam pelayanan antenatal. Sedangkan standar pelayanan antenatal yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pelayanan antenatal baru 1 ( satu ) yang sudah baru satu Puskesmas. Berdasarkan survai pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti dengan melalui wawancara kepada 5 ( lima ) orang bidan dan pengamatan pada saat pelayanan di Puskesmas didapatkan bahwa : Gambaran kualitas pelayanan ANC Puskesmas kabupaten Purbalingga masih belum sesuai standar. Kemampuan bidan masih kurang dibawah 75%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas Pelayanan Antenatal pada seluruh Puskesmas di Kabupaten Purbalingga. Untuk menganalisis pelaksanaan pelayanan antenatal tersebut, telah dilakukan penelitian Kualitatif di puskesmas dengan 17 informan yang terlibat dalam Pelaksanaan Pelayanan Antenatal. Responden utama 8 bidan, dan tri angulasi 8 kepala puskesmas dan 1 kepala seksi kesehatan keluarga. Hasil Penelitian didapatkan bahwa semua bidan sudah pernah dilatih tentang pelayanan antanatal antara tahun 1995-1996. Informan mengetahui tujuan dan manfaat dari standar pelayanan antental, yaitu memudahkan pelayanan antental, bekerja sesuai aturan, bekerja sesuai standar, meningkatkan pelayanan dan pelayanan menjadi aman. Dari delapan informan tujuh informan belum patuh terhadap standar pelayanan antenatal, ada bagian yang belum dilaksanakan di antaranya penyuluhan, pengukuran panggul, dan patela reflek. Untuk sarana dan prasarana sudah lengkap dan sesuai standar, hasil pengamatan tentang sarana dan prasarana yang ada di puskesmas yang mendukung pelaksanaan pelayanan antenatal sudah lengkap, dan hasil pengamatan yang dilakukan pada saat bidan melakukan pelayanan antenatal diperoleh hasil rata-rata keseluruhan 65,85%, masih di bawah standar yaitu 75%. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan antenatal, diharapkan Dinas Kesehatan perlu membentuk tim tingkat kabupaten untuk menyusun SOP pelayanan antenatal kemudian disosialisasikan dan dipantau pelaksanaanya, serta perlunya memberikan pelatihan kepada bidan tentang pelayanan antenatal, sehingga bidan bisa menerapkan pelaksanaan pelayanan antenatal sesuai dengan SOP, dan senantiasa melakukan evaluasi sehingga pelayanan menjadi berkualitas. _________________________________________________________ Kata Kunci: Pelayanan Antenatal, Kualitas Pelayanan THE ANALYSIS OF ANTE NATAL CARE DONE BY MIDWIVES WITHIN THE PURBALINGGA DISTRICT HEALTH OFFICE’S SCOPE OF WORK Dhiah Farida Ariyanti Graduate Program Masters on Public HealthScience Child and Maternal Health Concentration The performance of child and maternal health services indicators has increased significantly during the year of 2005 until the year of 2007. There are 66 midwives work throughout Purbalingga Regency. All of health centers have Ante Natal Care’s check-lists used as its scoring tools, whereas only one health center has Standard Operating Procedure (SOP) which is not used optimally. Based on preliminary survey through dialog and observation (while the services are giving) at the health centers found that: the quality of Ante Natal Care (ANC) services in the health centers is not fulfilling the standard. The midwives’ capability is below 75%. This study aims to analyze the quality of Ante Natal Care throughout all health centers in Purbalingga. To do so, a qualitative study has been done in health centers with 17 respondents were getting involved. Main respondent is 8 midwives, and for the triangulation are 8 head of the health centers and 1 head of Family Health section in District Health Office. Only three health centers have Ante Natal Care’s SOP. There is an Ante Natal Care policy, however not all of health centers have it. All of the midwives know about the goal and the benefit of such SOP, but again, not all of midwives comply with it. Based on observation while Ante Natal services are giving, the result is 65.85%. Monitoring and evaluation activities run by both head of health centers and District Health Office has been done as well. Equipment to support Ante Natal Care in the health centers is complete and qualified. In order to improve the quality of Ante Natal Care, District Health Office needs to make team who produce ANC’s SOP, socialize it, and monitor the implementation. Also, the team could train the midwives so that the midwives can implement/practice according to the SOP. Keywords: Ante Natal Care, Quality of Services

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Health
ID Code:23742
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:04 Nov 2010 14:22
Last Modified:23 Dec 2010 14:43

Repository Staff Only: item control page