Aplikasi dan Pelatihan Sistim "Silvofishery" Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Pelestari Hutan Mangrove di Desa Muara Reja Kecamatan Tegal, Kota Tegal

Ario, R. and Irwani, Irwani and A. S, Chrisna and Rochaddi, Baskoro (2005) Aplikasi dan Pelatihan Sistim "Silvofishery" Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Pelestari Hutan Mangrove di Desa Muara Reja Kecamatan Tegal, Kota Tegal. Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
215Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

702Kb

Abstract

Hutan mangrove yang ditanam masyarakat di Desa Muara Reja Tegal, tujuan utamanya adalah untuk melindungi pantai dari abrasi. Dalam upaya memperdayakan masyarakat supaya dapat memetik hasil dari penghijauan adalah dengan memanfaatkan hutan tersebut tidak hanya sebagai pelindung pantai namun juga dapat menghasilkan. Alternatif yang tepat memanfaatkan magrove adalah pemeliharaan kepiting di daerah tersebut dengan konsep silvofishery Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan dan percontohan kepada masyarakat pelestari mangrove cara budidaya kepiting bakau dengan konsep silvofishery. Metoda yang digunakan adalah Parcipatory Action Research. Hasil kegiatan yang meliputi penyuluhan clan percontohan menunjukan 90% para peserta memahami materi yang diberikan, hal ini nampak pada respon, pada pertanyan dan keinginan untuk melakukan usaha tersebut. Keberhasilan budidaya kepiting dengan konsep silvofishery ini juga terlihat dari hasil panen yang sebagian besar kepiting bertelur dan semuanya bobotnya bertambah beret. Kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan masyarakat sangat tertarik terhadap konsep silvofishery dalam budidaya kepiting. SUMMARY The fundon of mangrove, which has planted by villages in Muara Reja, Tegal was to protect the coast abrasion. To empowering the villages in that location to get benefit from their activity in conserve mangrove are to culture mud crab in mangrove area with the silvofishery.method. The aims of the public services are inform and teach them on mud crab cultivation in mangrove area. The participatory action research was used in these activities. The result showed, 90% of all participant understand with the material was gave, It is shown on their respond where ask some question. The successful to cultivate mud crab with silvofishery concept showed on increasing weigh and maturation of mud crab. The result of this activity can be c ncluded, that the participant very interest to silvofishery concept.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:23565
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:27 Oct 2010 08:52
Last Modified:27 Oct 2010 08:52

Repository Staff Only: item control page