PENGARUH KEYAKINAN, IDEOLOGI ETIK TERHADAP KEINGINAN DARI AUDITOR UNTUK MENGUNGKAP KECURANGAN YANG DILAKUKAN OLEH AUDITEE

HANDAYANI, SRI and KAWEDAR, WARSITO and PRASTIWI, ANDRI (2003) PENGARUH KEYAKINAN, IDEOLOGI ETIK TERHADAP KEINGINAN DARI AUDITOR UNTUK MENGUNGKAP KECURANGAN YANG DILAKUKAN OLEH AUDITEE. Documentation. Fakultas Ekonomi.

[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

540Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
199Kb

Abstract

Keinginan auditor untuk mengungkapkan kecurangan yang dilakukan oleh auditee di dalam laporan nuditan merupakan suatu bentuk whistleblowing. Beberapa penelitian sebelumnya telah menguji variabel sitnasional yang mungkin akan mempengaruhi keputusan seseorang untuk mengungkap kecurangan yang dilakukan oleh orang lain. Sementara peneli:ian ini ingin menguji variabel-variabel lain pada level individual yang mungkin akan mempengaruhi keputusan seorang auditor untuk mengungkap kecurangan yang dilakukan oleh auditee. Lima hipotesis yang akan dikembangkan di dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana hubungan antara keyakinan, ideologi etik (idealism dan relativism), clan keinginan dari auditor untuk mengungkap kecurangan yang dilakukan eleh auditor. Data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah data primer yang dikutnpulkan dengan menggunakan keusioner melalui mail .survey dan snow hull. Analisis data menggunakan path analisys. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keyakinan akar berpengaruh dengan pertimbangan etik dan auditor dan pertimbangan etik akan berpengarith secara signifikan terhadap keinginan auditor untuk mengungkap kecurangan yang dilakukan auditee. Auditors' behavioral intention to disclose auditee's fraudulent is a specific form of whistleblowing. Previous study have examined situational variables thought to influence a person's decision to report the wrong doing of a peer. This study purpose to examine others variables in individual level, which influence auditor's decision to disclosure auditee's frt.udolent. Five hy2otheses were developed concerning the relationship between religiosity, ethical ideology (idealism & relativism), ethical judment to disclosure auditee's fraudulent, and behavioral intention to disclosure auditee's fraudulent. Primary data will be used in this study. Mail survey and snow ball were used to collect data. Data were analized using path analisys. This study's results indicated that religiosity have significant influence to auditor s etichal judgement to disclosure auditee fraudulent, and auditor's etichal judgement to disclosure auditee's fraudulent have significant influence to auditor's behavioral intention to disclosure auditee's fraudulent.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
ID Code:23531
Deposited By:Ms upt perpus3
Deposited On:26 Oct 2010 09:47
Last Modified:26 Oct 2010 09:47

Repository Staff Only: item control page