MODEL ASIMETRIS GABUNGAN INVENTORY DAN ROUTING UNTUK MINIMISASI HARGA KOMODITI

Hariyanto, Susilo and Sarwadi, Sarwadi (2003) MODEL ASIMETRIS GABUNGAN INVENTORY DAN ROUTING UNTUK MINIMISASI HARGA KOMODITI. Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1368Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

3398Kb

Abstract

Salah satu daya saing produk di era pasar bebas adalah mutu dan harga. Mutu dicapai lewat penerapan tekhnologi dan kontrol kualitas. Dan hal ini telah menjadi fokus upaya semua industri dan perusahaan untuk memberikan nilai tambah pada produknya Namun demikian langkah ini kadang meningkatkan biaya produksi yang akhimya produknya menjadi lebih mahal. Disisi lain, harga merupakan salah satu nilai kompetitif dan daya tarik suatu produk. Produk yang harganya relatif murah akan lebih berdaya saing. Secara ekonomi, harga komoditi tergantung pada ongkos produksi. Bila ongkos produksi bisa ditekan diharapkan bisa membuat harga komoditi menjadi murah dan lebih kompetitif. Langkah ini masih sedikit dilakukan karena memerlukan efisiensi di setiap segmen proses produksi. Adapun dua komponen biaya yang memiliki proporsi yang besar dalam proses produksi adalah inventory dan distribusi. Penelitian ini akan mengkaji minimasi biaya gabungan antara Inventory dan Distribusi. Dua komponen biaya ini ( inventory dan distribusi) memiliki proporsi yang besar dalam proses produksi. Adapun tujuan dan penelitian ini untuk (i) Mencari model (formulasi matematis) untuk masalah inventory dan transportasi ini secara terpadu. Akan diturunkan model dalam Mixed Integer Linear Program (MILP) yang mengintegrasikan inventory dan transportasi dalam satu set formulasi. Khususnya akan dikaji model asimetris yang sesuai kejadian di lapangan (ii) Akan dikaji karakteristik dari model tersebut yang diarahkan pada penurunan metode exact untuk menyelesaikannya.. Untuk menyelesaikan permasalahan dari topik penelitian ini akan dilakukan tahap — tahap sebagai berikut : 1. Mengkaji berbagai kelebihan model yang ada literatur yang bisa diadopsi. 2. Penyusunan model dalam bentuk Mixed Integer Linear Program (MILP) ataupun Dymnamic Programing. 3. Penyusunan Model Asimetris yang dipilih. 4. Pembuktian kesahihan (validitas) dari model yang dibangun. Pembuktian dilakukan dengan penurunan teorema — teorema yang menjamin kebenaran dalam pembentukan model. Adapun hasil penelitian ini berupa rumusan model mixed integer linier programming untuk IRP yang asimetris, yaitu meminimalkan T n T n T n n II0J`Y; +111C ikrj`k dengan kendala (1.2)-(1.14). 1=1 J=0 t=1 j=0 t=1 Model yang kita bangun tersebut di atas terdiri dari total biaya pemesanan, total biaya inventory dan total biaya pengangkutan. Model tersebut merupakan model yang sahih sesuai dengan permasalahan yang kita rumuskan. Dalam penelitian ini, kita baru dalam tahap perumusan model, Sedangkan tahap penyelesaiannya belum kita lakukan. Oleh karena itu penelitian ini masih harus dilanjutkan untuk menentukan cara penyelesaian model tersebut, menyusun suatu algoritma untuk menyelesaikannya, mengembangkan teknik komputasi dalam penyelesaiaannya dan menyusun model dalam suatu paket program komputasi yang langsung dapat dipakai oleh user. The main factors of product competitiveness in free market era are quality and price. The quality is determined by technology application and quality control. This orientation has become an important focus of all industries and organizations to provide additional values to their products. However this choice sometimes increases production cost, which will finally make the price more expensive. Price is one of the competitive attractive factors of a product. A relatively cheap product will be interesting and attractive for customers. Economically, a commodity price depends on its production cost. By reducing production cost, it is expected that commodity price will become cheaper and more competitive. This strategy is rarely applied because it requires efficiency in every unit of production process. There are two cost components, which require a big proportion in production process, i.e. inventory and distributions. This research focuses on the minimization of the combination between inventory and distribution. These two components (inventory and distribution) have a big proportion in the production process. The aim of this research is : (i) searching for a model (mathematical formulation) to solve inventory and transportation problems in integrated manner. This model will be derived in Mixed Integer Linear Program (MILP) which integrates inventory and transportation in one formulation set. Especially, we focus an asymmetrical model, which is close to real situation, (ii). Analyzing the characteristics of our model which focus is directed to the derivation of exact methods to solve problem. To solve the problem in this research topic, we proceed the follows by steps: 1. Study and analyzing the validity of the deferent models in relevant literatures. 2. Derive our model in Mixed Integer Linear Program (MILP). 3. Construct the chosen asymmetrical model. 4. Prove the validity of the constructed model. The result of his research is presented in Mixed Integer Linear Program (MILP) for asymmetrical IRP by minimizing: T n T n T n n ZZOI,Y; +ZZI Z A ,with constraint 1.2-1.14 1,1 j=0 1=1 j=0 t -1 j-0 k -0 , Our model constructed above consists of total order cost, total inventory cost, and total transportation cost. This model is a valid model for an IRP of our interest. In this research, the focus is on the construction of the model formulation. Therefore, the result of this research needs a further research to determine the way to solve this model, to design algorithms, to develop computation technique, and to translate the model in to computation package, which can be directly operated by users.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:Q Science > Q Science (General)
ID Code:23523
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:26 Oct 2010 09:21
Last Modified:26 Oct 2010 09:21

Repository Staff Only: item control page