PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP PENGELOLAAN SUMBER DAYA PERIKANAN LAUT KABUPATEN DATI II BATANG

HANANTO, UNTUNG DWI (1998) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP PENGELOLAAN SUMBER DAYA PERIKANAN LAUT KABUPATEN DATI II BATANG. Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
242Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

892Kb

Abstract

Lingkungan sosial budaya masyarakat nelayan ada pengaruhnya terhadap pengelolaan sumber daya perikanan laut, seperti upacara adat dan sedekah laut sehingga hal tersebut menurut masyarakat perlu dipertahankan. Faktor-faktor sosial budaya masyarakat nelayan yang berpengaruh terhadap pelestarian kemampuan sumber daya perikanan laut antara lain adalah sikap menyatu dengan alam atau pasrah, hal ini menyebabkan perkembangan sumber daya perikanan seimbang dengan pemanfaatan perikanan oleh neklayan yang sebagian besar masih menggunakan alat tangkap tradisional sedangkan apabila menggunakan alat tangkap modern dan sikap ingin memanfaatkan sumber daya perikanan semaksimal mungkin, hal ini mungkin akan menurunkan kemampuan sumber daya perikanan yang ada. Tindakan atau kebijakan Pemerintah Daerah yang dibutuhkan oleh nelayandan petani kecil guna meningkatkan taraf hidup mereka tanpa merusak kemampuan dan kelestarian sumber daya perikanan dan sumber daya edam lainnya di wilayah pantai adalah melalui izin usaha perikanan yang diberikan kepada para pengusaha. Langkah operasional Pemerintah Daerah untuk meningkatkan taraf hidup dan kualitas sumber daya manusia dan untuk perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup serta pemahaman nelayan dalam bidang usahanya adalah dilakukan dengan penyuluhan-penyuluhan melalui tenaga lapangan yang ada (PPL Perikanan). Di samping hal tersebut juga para nelayan disarankan untuk masuk mehjadi anggota Koperasi Unit Desa Perikanan. Keuntungannya adalah demi kelancaran pemasaran dan stabilnya harga serta yang tak kalah pentingnya adalah para nelayan dapat menikmati SHU (sisa hash usaha) dalam bentuk uang yaitu pada masanelayan dalam keadaan Paceklik.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:23499
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:25 Oct 2010 13:24
Last Modified:25 Oct 2010 13:24

Repository Staff Only: item control page