IDEATIONAL MEANING AND THEMATIC ANALYSIS ON CHILDREN’S SONGS IN BARNEY “DANCING AND SINGING “ SERIES

SEPTIANI, WAHYU DWI (2010) IDEATIONAL MEANING AND THEMATIC ANALYSIS ON CHILDREN’S SONGS IN BARNEY “DANCING AND SINGING “ SERIES. Undergraduate thesis, University of Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf) - Published Version
203Kb

Abstract

Lagu merupakan salah satu media dalam komunikasi. Di dalam lagu terdapat berbagai makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna-makna dalam lagu khususnya lagu anak-anak dalam serial Barney “Dancing and Singing Series”. Selain itu, penulis juga dapat menunjukan bagaimana makna-makna ini direalisasikan dalam klausa-klausa. Disamping itu, penulis juga menganalisis thematic development dari 2 lagu yang berjudul Barney dan I Love You sehingga dapat diketahui bagaimana penulis lagu mengembangkan temanya. Dalam menganalisis makna ini, penulis memakai teori Functional Grammar yang diperkenalkan oleh M.A.K Halliday (1985). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode Simak Bebas Libat Cakap (SLBC) sedangkan dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik referential identity dan teknik Bagi Unsur Langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam album ini terdapat 115 klausa. Makna ideasional yang terdapat dalam serial ini antara lain: friendship, desire, admiration, dll. Di dalam mengembangkan temanya penulis lagu menggunakan dua pola, yaitu re-itteration dan zig-zag.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:23414
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Oct 2010 15:04
Last Modified:21 Oct 2010 15:04

Repository Staff Only: item control page