BIOENERGETIKA PERKEMBANGAN LARVA UDANG WINDU (Penaeus monodon Fabricius) YANG DIBERI PAKAN ENERGI TINGGI PADA BERBAGAI SALINITAS MEDIA

Pinandoyo, Pinandoyo and Istiyanto, Istiyanto (2001) BIOENERGETIKA PERKEMBANGAN LARVA UDANG WINDU (Penaeus monodon Fabricius) YANG DIBERI PAKAN ENERGI TINGGI PADA BERBAGAI SALINITAS MEDIA. Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
203Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

793Kb

Abstract

Usaha pembenihan udang windu tidak cukup hanya bertumpu pada upaya untuk memacu peningkatan produksi biomassa benih saja, akan tetapi perlu diiringi pula dengan langlcah-langlcah yang efisiensi tentang manejemen bioteknis pembenihan udang, hal tersebut dapat dilakukan dengan perbaikan penanganan kualitas pakan terutama energi pakan dan salinitas media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh energi pakan pada berbagai tingkat salinitas media terhadap bioenergitika perkembangan (pertumbuhan) larva udang. dan menentukan tingkat salinitas media yang balk. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda eksperimental laboratoris, sedangkan perlakuan yang dicobakan adalah pakan energi tinggi (3,71 kcallg DE) pada salinitas media 22 ppt (SI), 28 ppt (S2) dan 34 ppt (S3) dan peubah respon yang diamati meliputi: bioenergi perkembangan larva udang windu PL6 sampai PEAL, pertumbuhan (pertumbuhan biomassa mutlak, laju pertumbuhan harian), konversi pakan (FCR), retensi energi dan kelangsungan hidup. Analisa data yang digunakan adalah rancangan percobaan berpola rancangan acak lenglcap (RAL) dan uji nilai tengah Duncan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei — September 2001 di laboratorium Pengembangan Wilayah Pantai (LPWP) Jepara. Berdasarkan hasil analisa data, maka dapatlah disimpulkan bahwa pemberian pakan berenergi tinggi berpengaruh sangat nyata pada salinitas media (S1), dengan (52) dan dengan (S3) terhadap pertumbuhan, konversi pakan, retensi energi dan bioenergetika, akan tetapi pada peubah kelangsungan hidup tidak berbeda nyata. Pada media salinitas media Si umumnya memberikan respon yang terbaik dibandingkan dengan media salinitas S2 maupun S3 (berbeda sangat nyata) terhadap pertumbuhan bobot biomassa mutlak dan bioenergetika larva, akan tetapi pada laju pertumbuhan perlakuan S2 dengan S3 tidak berbeda nyata. Konversi pakan perlakuan S2 dengan S3 tidak berbeda nyata, dan retensi energi tidak berbeda nyata antara perlakuan SI dengan S2. Pemberian pakan berenergi tinggi temyata hanya mampu menyamai pada peubah Laju pertumbuhan pada perlakuan S2 dengan S3, konversi pakan yaitu pada perlakuan S2 dengan S3 dan pada retensi energi pada perlakuan SI dengan S3. Sedangkan perlakuan Si, S2 dan 53 terhadap kelangsungan hidup larva pengaruhnya sama.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:23289
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:19 Oct 2010 10:03
Last Modified:19 Oct 2010 10:03

Repository Staff Only: item control page