PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DAN ECONOMIC PERFORMANCE SERTA ENVIRONMENTAL DISCLOSURE TERHADAP ECONOMIC PERFORMANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

HANDAYANI, Ari Retno and DALJONO, Daljono (2010) PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE DAN ECONOMIC PERFORMANCE SERTA ENVIRONMENTAL DISCLOSURE TERHADAP ECONOMIC PERFORMANCE (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
995Kb

Abstract

Permasalahan lingkungan di Indonesia merupakan faktor penting yang harus dipikirkan mengingat dampak dari buruknya pengelolaan lingkungan yang semakin nyata. Permasalahan lingkungan juga semakin menjadi perhatian yang serius, baik oleh konsumen, investor maupun pemerintah. Kepedulian terhadap lingkungan sebenarnya muncul akibat dari berbagai dorongan dari pihak luar perusahaan, antara lain: pemerintah, konsumen, stakeholder, dan persaingan. Pelaporan lingkungan dalam annual report disebagian besar negara termasuk Indonesia masih bersifat voluntary. Akuntansi sebagai alat pertanggungjawaban memiliki fungsi sebagai pengendali terhadap aktivitas setiap unit usaha. Tanggung jawab managemen tidak terbatas pada pengelolaan dana dalam perusahaan, tetapi juga meliputi dampak yang ditimbulkan oleh perusahaan terhadap lingkungan sosialnya. Bentuk pertanggungjawaban akuntansi ini tentu saja harus diwujudkan dalam bentuk laporan keuangan dengan menyajikan dan mengungkapkan setiap materi akuntansi informasi yang dibutuhkan, oleh karena itu prinsip full disclosure memegang peranan penting. Tujuan dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh antara environmental performance terhadap environmental disclosure dan economic performance serta menguji pengaruh antara environmental disclosure terhadap economic performance. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta yang telah mengikuti Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) pada tahun 2005-2007. sample dalam penelitian ini 43 perusahaan, dengan metode pengumpulan data purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan metode pengumpulan data dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa environmental performance tidak berpengaruh secara signifikan terhadap environmental disclosure dan economic performance. Serta environmental disclosure tidak berpengaruh secara signifikan terhadap economic performance.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Additional Information:Environmental performance, environmental disclosure, economic performance.
Uncontrolled Keywords:Environmental performance, environmental disclosure, economic performance.
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
ID Code:23162
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:15 Oct 2010 08:43
Last Modified:15 Oct 2010 08:43

Repository Staff Only: item control page