Penerapan Model Autoregressive Conditional Heteroscedasticity In Mean (ARCH-M) pada Return Saham (Studi Kasus pada PT. Indosat, Tbk)

Wiguna, Linda (2010) Penerapan Model Autoregressive Conditional Heteroscedasticity In Mean (ARCH-M) pada Return Saham (Studi Kasus pada PT. Indosat, Tbk). Undergraduate thesis, FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
199Kb

Abstract

Data runtun waktu keuangan seperti data return saham biasanya memiliki variansi yang tidak konstan. Kondisi data yang seperti ini disebut heteroskedastisitas. Salah satu model runtun waktu yang dapat mengakomodasi heteroskedastisitas adalah model Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (ARCH). Perluasan dari kerangka dasar model ARCH dimana variansi bersyarat dimasukkan ke dalam model sebagai variabel penjelas disebut model ARCH in Mean (ARCH-M). Langkah-langkah perumusan model ARCH-M untuk memperoleh model terbaik yaitu : (1) menentukan kestasioneran data, (2) menentukan model yang sesuai untuk persamaan mean, (3) menguji ada tidaknya efek ARCH dalam data, (4) menguji keasimetrisan data, (5) mengestimasi parameter dari model ARCH-M kemudian dipilih model yang terbaik, (6) melakukan pemeriksaan diagnostik dengan uji ARCH-LM dan uji korelasi residual. Berdasarkan studi empiris yang diterapkan pada data return saham PT. Indosat Tbk periode 1 April 2009 sampai dengan 31 Mei 2010 diperoleh model terbaik yaitu model ARCH-M(1).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:23159
Deposited By:Ms Niken P
Deposited On:15 Oct 2010 08:32
Last Modified:15 Oct 2010 08:32

Repository Staff Only: item control page