ANALISIS DATA PANEL TIDAK LENGKAP DENGAN TEKNIK ESTIMASI LEAST SQUARE DUMMY VARIABLE (LSDV) (Studi Kasus pada Pertumbuhan Ekonomi Pulau Jawa)

IZATUN NISA, IZATUN (2010) ANALISIS DATA PANEL TIDAK LENGKAP DENGAN TEKNIK ESTIMASI LEAST SQUARE DUMMY VARIABLE (LSDV) (Studi Kasus pada Pertumbuhan Ekonomi Pulau Jawa). Undergraduate thesis, FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
69Kb

Abstract

Pembangunan ekonomi merupakan suatu usaha dan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi suatu daerah adalah peningkatan laju pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dapat diukur dari nilai Produk Domestik Regional Daerah (PDRB). Pertumbuhan ekonomi yang pesat menjadi salah satu faktor penyebab pembentukan daerah otonomi baru. Salah satu contoh daerah otonomi baru di pulau Jawa adalah provinsi Banten yang terbentuk pada tahun 2000. Untuk menganalisis pertumbuhan ekonomi pulau Jawa yang terdiri dari 6 provinsi pada tahun 1998 sampai 2008 digunakan analisis data panel tidak lengkap. Teknik estimasi yang digunakan adalah Least Square Dummy Variable (LSDV). Teknik LSDV membentuk model yang dapat melihat pengaruh unit individu dan unit waktu terhadap variabel tak bebas. Hasil penelitian menunjukkan unit individu dan unit waktu berpengaruh terhadap PDRB pulau Jawa tetapi model yang terbaik adalah model efek waktu.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:23151
Deposited By:Ms Niken P
Deposited On:15 Oct 2010 08:09
Last Modified:15 Oct 2010 08:09

Repository Staff Only: item control page