ANALISIS REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN DIVIDEN SEBELUM DAN SESUDAH EX–DIVIDEND DATE (Studi Kasus pada Kelompok Cash Dividend Final Naik dan Turun pada Perusahaan-perusahaan yang Terdaftar di BEJ Tahun 2004-2006)

ANINDHITA, Galih and MAHFUD, Kholiq (2010) ANALISIS REAKSI PASAR ATAS PENGUMUMAN DIVIDEN SEBELUM DAN SESUDAH EX–DIVIDEND DATE (Studi Kasus pada Kelompok Cash Dividend Final Naik dan Turun pada Perusahaan-perusahaan yang Terdaftar di BEJ Tahun 2004-2006). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
754Kb

Abstract

Kondisi pergerakan harga ekuitas di pasar modal Indonesia yang berfluktuasi relatif tinggi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pengumuman pembagian dividen. Informasi tentang naik-turunnya dividen tunai yang dibagikan perusahaan merupakan salah satu informasi yang dipandang cukup penting bagi para investor. Dalam penelitian ini, akan dianalisis apakah ada reaksi return saham yang ditimbulkan oleh pengumuman dividen tepatnya pada waktu ex-dividend date terhadap perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta pada tahun 2004-2006. Adapun variabel yang digunakan pada penelitian adalah abnormal return, actual return, expected return, market return dengan metode Market Model dalam penghitungan abnormal return yang kemudian diuji dengan pengujian t (t-test). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder dan teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu penentuan pengambilan sampel yang dilakukan sesuai dengan tujuan penelitian yang ditetapkan. Jumlah sampel sebanyak 87 perusahaan. Dari analisis dan penelitian yang dilakukan, hasil pengujian perbandingan average abnormal return (AAR) saham pada kelompok dividen turun terdapat reaksi yang signifikan dari investor selama 2 hari di seputar pengumuman dividen turun, yaitu tepat pada hari saat pengumuman ex dividen turun dilakukan, dengan nilai t sebesar –0,596 dengan signifikansi sebesar 0,555. Nilai signifikansi di atas 0,05 menunjukkan tidak adanya perbedaan AAR yang signifikan. Sementara hasil pengujian perbandingan pada kelompok dividen naik, didapat adanya reaksi yang signifikan selama 5 hari yaitu pada saat t-10, t-9, t-6, t0 dan t+5 yang semuanya berupa reaksi negatif. Sewaktu 15 hari periode sebelum pengumuman dengan 15 hari periode sesudah pengumuman menunjukkan nilai t sebesar –2,876 dengan signifikansi sebesar 0,006. Nilai signifikansi di bawah 0,05 menunjukkan adanya perbedaan average abnormal return (AAR) yang signifikan. Maka diperoleh kesimpulan bahwa pengumuman dividen turun hanya memberikan reaksi yang singkat terhadap investor sedangkan pada pengumuman dividen naik investor justru memberikan reaksi negatif.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pengumuman Dividen, Return Saham, Ex-Dividend Date, Cash Dividend Final
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Management
ID Code:23079
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:14 Oct 2010 09:18
Last Modified:14 Oct 2010 09:18

Repository Staff Only: item control page