GRAPH HAMILTON UNTUK PENENTUAN LINTASAN TERPENDEK ANTAR KANTOR POS PADA KANTOR PEMBANTU II SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN ARCVIEW 3.3

AFRIYANTO, FAJAR RAIH NUR (2010) GRAPH HAMILTON UNTUK PENENTUAN LINTASAN TERPENDEK ANTAR KANTOR POS PADA KANTOR PEMBANTU II SEMARANG DENGAN MENGGUNAKAN ARCVIEW 3.3. Undergraduate thesis, FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
10Kb

Abstract

Sesuai dengan tujuannya, PT. Pos Indonesia harus mampu menyediakan jalur yang efisien dalam pendistribusian surat pos. Berkaitan dengan hal ini, permasalahan yang dihadapi PT. Pos Indonesia adalah bagaimana menentukan jalur pendistribusian surat pos dengan jarak total minimal. Dalam tulisan ini dilakukan studi kasus pada PT. Pos Indonesia Kantor Pembantu II Semarang dengan menentukan lintasan terpendek yang melalui setiap kantor pos menggunakan konsep graf Hamilton yang minimal. Graf Hamilton yang minimal ini merepresentasikan jalur pendistribusian surat pos dengan jarak total minimal. Graf Hamilton yang minimal dicari dengan menggunakan Algoritma Repetitive Nearest Neighbour kemudian hasil yang diperoleh ditampilkan pada peta tematik dalam ArcView 3.3. Penyajian dalam ArcView ini dapat membantu PT. Pos Indonesia untuk menentukan jalur pendistribusian surat pos. Penggunaan Algoritma Repetitive Nearest Neighbour menjadi pilihan, karena algoritma ini menguji setiap kemungkinan jalur yang dapat dipilih, sehingga jalur yang diperoleh benar-benar merupakan jalur yang minimal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:22976
Deposited By:Ms Niken P
Deposited On:13 Oct 2010 08:42
Last Modified:13 Oct 2010 08:42

Repository Staff Only: item control page