Analisis Data Panel Tidak Lengkap Model Komponen Error Dua Arah dengan Metode Minimum Variance Quadratic Unbiased Estimation (MIVQUE) (Studi Kasus Model Return Saham Di BEJ)

RATIH DWI ASTUTI, RATIH DWI (2010) Analisis Data Panel Tidak Lengkap Model Komponen Error Dua Arah dengan Metode Minimum Variance Quadratic Unbiased Estimation (MIVQUE) (Studi Kasus Model Return Saham Di BEJ). Undergraduate thesis, FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
238Kb

Abstract

Data panel mengobservasi beberapa individu sekaligus dari waktu ke waktu. Namun permasalahan yang sering terjadi dalam pengumpulan data adalah fenomena observasi yang hilang, dalam hal ini tidak semua individu diobservasi dalam rentang waktu yang sama. Sehingga menjadi analisis data panel tidak lengkap. Salah satu model yang dapat dipakai adalah model komponen error dua arah yang error nya dipengaruhi oleh faktor individu dan waktu. Penaksiran variansi komponen error model dilakukan dengan menggunakan metode Minimum Variance Quadratic Unbiased Estimation (MIVQUE) yang dapat meminimumkan taksiran variansi komponen error. Sedangkan penaksiran parameter model regresi data panel tidak lengkap untuk model komponen error dua arah dilakukan dengan menggunakan metode Maximum Likelihood Estimation (MLE). Kedua metode ini diaplikasikan pada pemodelan hubungan Debt to Eqiuty Ratio (DER), dan Net Profit Margin (NPM) dengan return saham dari lima perusahaan yang diteliti dari tahun 2003 sampai 2007. Dengan metode MIVQUE diperoleh variansi komponen error σ ̂_μ^2=0,0338, σ ̂_λ^2=0.0145, dan σ ̂_V^2=0.1974 dan dengan metode MLE diperoleh model terbaik Y=0.1118Xit1+1.6694Xit2. Dalam analisis data panel tidak lengkap komponen error dua arah, sebelum mengestimasi parameter model terlebih dahulu mengestimasi variansi komponen error karena nilai dari taksiran variansi komponen error ini digunakan untuk mencari nilai dari taksiran parameter untuk model terbaik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Statistics
ID Code:22971
Deposited By:Ms Niken P
Deposited On:13 Oct 2010 08:25
Last Modified:13 Oct 2010 08:25

Repository Staff Only: item control page