Penanggulangan gerakan tanah di pabrik PT. Uni Enlarge Industry Indonesia, Kawasan Industri Candi, Semarang, Jawa Tengah

Mayka, Andrian (2009) Penanggulangan gerakan tanah di pabrik PT. Uni Enlarge Industry Indonesia, Kawasan Industri Candi, Semarang, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Geological Engineering Department Engineering Faculty Diponegoro University.

[img]PDF - Accepted Version
58Kb

Abstract

Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap terjadinya bencana gerakan tanah. Bencana ini sering terjadi di berbagai daerah, terutama pada saat musim hujan. Gerakan tanah adalah salah satu bencana alam yang paling merusak sarana dan prasarana manusia setiap tahunnya. Gerakan tanah dapat terjadi bersamaan dengan terjadinya gempa bumi, banjir dan letusan gunungapi. Akan tetapi, gerakan tanah lokal dan setempat lebih sering terjadi dibandingkan dengan gerakan tanah yang disebabkan oleh bencana-bencana tersebut. Gerakan tanah setempat sering terjadi pada jaringan jalan, pengairan dan pemukiman. Sudah banyak kerugian baik dari segi materi maupun korban jiwa yang ditimbulkan. PT. Uni Enlarge Industry Indonesia, Kawasan Industri Candi, Semarang, Jawa Tengah, merupakan salah satu lokasi yang mengalami permasalahan gerakan tanah setempat (lokal). Terjadi runtuhan pada dinding penahan di sisi sebelah Timur pabrik. Untuk memperbaiki kerusakan pada lereng serta mencegah terjadinya gerakan tanah lanjutan, perlu dipilih metode penanggulangan yang paling tepat. Dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang geologi dan geoteknik, kita harus benar-benar mampu dan jeli dalam menentukan metode yang tepat untuk penanggulangan gerakan tanah. Grouting merupakan salah satu inovasi baru yang dapat dipilih sebagai upaya penanggulangan gerakan tanah. Grouting adalah metode penyuntikan pasta semen ke dalam tanah dengan tekanan tertentu melewati lubang bor untuk meningkatkan kekuatan tanah. Dengan semakin meningkatnya kekuatan tanah, maka kemiringan lereng dapat dipertahankan dan permasalahan gerakan tanah yang sebelumnya terjadi dapat teratasi. Keberhasilan penanggulangan gerakan tanah sangat ditentukan oleh ketelitian penyelidikan, ketepatan perencanaan dan pemilihan metode, serta kecepatan pelaksanaan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QE Geology
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering
Faculty of Engineering > Department of Geological Engineering
ID Code:22909
Deposited By:Mr Najib .
Deposited On:11 Oct 2010 11:34
Last Modified:11 Oct 2010 11:34

Repository Staff Only: item control page