PENGEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPLANTASI KARANG SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN MASALAH EKOSISTEM TERUMBU KARANG DAN PENINOKATAN DIVERSIFIKASI HASIL LAUT PADA MASYARAKAT DI KEPULAUAN KARIMUNJAWA JATENG

Pringgenies, Delianis and Hartati, Retno and Widianingsih, Widianingsih (2005) PENGEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPLANTASI KARANG SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN MASALAH EKOSISTEM TERUMBU KARANG DAN PENINOKATAN DIVERSIFIKASI HASIL LAUT PADA MASYARAKAT DI KEPULAUAN KARIMUNJAWA JATENG. Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
187Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

610Kb

Abstract

Kerusakan fatal yang terjadi pada ekosistem terumbu karang sebagian disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri, yaitu penangkapan ikan dengan menggunakan alat born, penggunaan jangkar kapal sehingga karang di Karimunjawa sebagain besar dalam keadaan rusak. Hal ini karena kurangnya kesadaran masyarakat aim keseimbangan ekosistem terumbu karang. Salah satu terobosan teknologi untuk pemulihan kondisi terumbu karang dengan melakukan transfer paket teknologi melalui transplantasi karang. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyakat adalah untuk menerapkan suatu paket teknologi tentang Pengembangan Teknologi Transplantasi Karang Sebagai Upaya Penanggulangan Masalah Ekosistem Terumbu Karang dan peningkatan Diversifikasi Hasil Laut Pada Masyarakat di Kepulauan Karimunjawa Jateng Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah metode Participatory Action Research (PAR), dimana kelompok masyarakat yang peduli akan lingkungan, masyarakat nelayan serta para penyuluh lapangan yang terkait dengan konservasi laut. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Tim Pelaksana, memperlihatkan bahwa hampir 90% masyarakat yang terkait dalam aktifitas di lingkungan laut turut dalam kegitan kepada masyarakat, yaitu: Kelompok pemuda Jaya karimunjawa, kelompok nelayan, para tokoh masyarakat dan instansi yang terkait.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:22848
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:08 Oct 2010 10:04
Last Modified:08 Oct 2010 10:04

Repository Staff Only: item control page