PENGARUH KEBERADAAN PERGURUAN TINGGI DI TEMBALANG TERHADAP KEPEDULTAN PENDUDUK DESA SEKITAR KAMPUS AKAN PENDIDIKAN ANAK

PURWANINGSIH, SRI (1994) PENGARUH KEBERADAAN PERGURUAN TINGGI DI TEMBALANG TERHADAP KEPEDULTAN PENDUDUK DESA SEKITAR KAMPUS AKAN PENDIDIKAN ANAK. Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
350Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1807Kb

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan asnmsi bahwa kebera¬daan perguruan tinggi di daerah Tembalang herpengaruh terha¬dap status sosial ekonomi penduduk di sekitar kampus. Penjagknt?au status sosiai ekonnmi diprkirakam mempengarulil knpdm I i..01 p,nduduk terhaikAp inani H i kJn anak. Yang dimaksud kepedit!inn adalah gugasam, keingiman atau nita-nita untuk menyekolahkar, anak-anaknya. jadi tujuan penelitian ini wank m.-mg*tabni jaoh piAlgaruh keheradasn perguruan tinpgi terbadap kepedullan penduduk aksn pendldik .ul amnk-nmAtny... Yang dijadikan ukuran dalam menghitung pengarnh adnLah variabel behas dan tidok hehas. Varibel. tnrditi. !Mr': tliwkat •pendapardm, Jeni iekeriaan (tetap dan Sam{inan), tingkat pendidikan serta prestise (status sosial di Jingkungam tempat Linggal). Sedangkan vsrisbet tidst km:hasnya adalab akau pendidikan anak. Fennlitian ini dilaksamakan di empat kelurahan yang dekat dengan kampus perguraan tinggi di sekitar Tembalang. I)ua helarahan (Samur Bite dan Pedalangan) dari wilayah Keea¬matan Banyumanik dan dua kelurahan (Temholang dan Bulnsan) dari Kecamatan Tembalang. Responden.dipilih dengan sampling anak terarah (purposive random sampling), dengan kriteria: responden adalah penduduk asli atsu sekurang-kmrangnya telah tinggal di wilayah tersebut seki tar 10 tahun, Sampel yang diambil adalall 25 RN (Kepala Keinsias,a) dari setiap kelurah¬an, jadi seluruhnya ada 100 responden. Data yang diperinkan adalah data primer, yang diperoieh dengan cars observasi, penyebaran kuescener clan wawancara, dan data sekunder, yang diperoleh dart studi pustaka dan data yang sudah ada di kelurahan. Data diolah secara tabu¬lasi dan analisis statistik dengan menggunakan rumus regresi linier berganda dan korelasi berganda. Hasil analisis statistik dengan persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa pengaruh keberadaan per¬guruan tinggi terhadap kepedulian orang tua akan pendidikan anak relatif kecil. Pengaruh pendapatan, pekerjaan, pendi¬dikan dan kedudukan sosial responden relatif kecil, yaitu hanya 4,13%, sedang 95,87% lainnya dipengaruhi oleh faktor¬faktor lain. Untuk mengetahui nyata tidaknya pengaruh setiap varia¬bel terhadap tingkat kepedulian, digunakan uji-t dan hasil¬nya menunjukkan bahwa pendapatan, pekerjaan dan kedudukan sosial tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap tingkat kepedulian penduduk akan pendidikan anak. Dari hasil analisis statistik secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa pengaruh pendapatan, pekerjaan, pendidikan dan prestise terhadap kepedulian orang tua akan pendidikan anak tidak signifikan. Kepedulian akan pendidikan anak tampaknya harus dilihat pula dengan kacamata lain, misalnya cita-cita anak. Mungkin juga kecilnya keterkaitan antara variabel-variabel ini disebabkan oleh faktor sampel yang kurang proporsional dengan jumlah populasi. This study is carried out on the assumption that the existence of higher educational institutions in Tembalamg region has impact on the socio-economic status of the people living around the campus. An increase in the status is estimated to have influence on their concern for child education. By concern here is meant ideas, desires or expec¬tations to school their children. The purpose of this re . search is to investigate the influence of the existence of tertiery educational institutions on the concern of the people in the region for their children's education. The independent variables are level of income, type of occupa¬tion (either permanent or temporary), level of education as well as prestige (i.e social status in the community). The dependent variable is concern for child education. The research is carried out in four Kelurahans near the campus in Tembalang region, two of which ((Sumur Soto and Pedalangan) are in Kecamatam Banyumanik and the other two (Tembalang and Bulusan) in Kecamatan Tembalang. Respondents who are seleeted usimg purposive random sampling technique should qualify for the criteria: native inhabitants or residing in the regjon foy of leaFd. lu years. The number of samples are 2T; hc-a.ds of timily per Kelurahan, making the total of lOU respondents altoKellwr. The primary data Cr': oollected by observation, ques tionnaire and interview and the seeondary data are collected by reviewing the literature and the data available in the kelurahans. The data are tabulated and statistically ana¬lyzed using multiple regression and multiple correlation. The result of the analysis shows that the influence of tertiery institutions on the concern of parents for child education is relatively low. The influence of income, occu¬pation, education and social status is relatively insignifi¬cant (only 4.13%). The influence seem to have been by other unidentified factors (95.87%). The t-test analysis also shows that income, occupation and social status have no significant influence on residents' concern for their child¬ren's education. Based on the overall analysis it can be concluded that the level of income, type of occupation, education and prestige have no significant influence on the concern of the people residing around the campus for their children's education. Concern for child education seems to relate to other factors such as children's aspiration. This has not been considered in this study. The small number of samples involved as compared to the whole population may have also influenced the result of this analysis.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:Document UNDIP
ID Code:22845
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:08 Oct 2010 09:56
Last Modified:08 Oct 2010 09:56

Repository Staff Only: item control page