PROFIL, WANITA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL: TINJAUAN KEPRIBADIAN DAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN (STUDI-DESKRIPSI PERAN WANITA DI PEDESAAN KAMBUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH)

Rahardja, Edy and Kusumawardhani, Arnie (2001) PROFIL, WANITA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL: TINJAUAN KEPRIBADIAN DAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN (STUDI-DESKRIPSI PERAN WANITA DI PEDESAAN KAMBUPATEN KLATEN, JAWA TENGAH). Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
305Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1939Kb

Abstract

Perempuan pedagang di pasar tradisional, sosok perempuan yang memasuki ranah publik dan tidak hanya berkutat dalam dunia domestik, menarik untuk Kehadirannya pada sate sisi memunculkan nuansa pengakuan tetapi pada sisi lain masih dihadapkan dalam berbagai keiemahan dalam pengelolaan usaha dan stereoripe yang masih metekat pada did perempuan. Berbagai persoalan yang terkait dengan isu pelecehan seksual masih suing dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. ICarenanya penelitian ini berupaya menjawab tiga pertanyaan mendasar. Pertama, bagairnana profit perempuan pedagang dilihat dart perspektif jiwa dan kepribarlian kewirausahaan. Kcdua, seberapa jauh pola pengelolaan usaha yang telah dilakukan perempuan pedagang di pasar tradisional dalam aktivitas rutin sehari-hari. Kedga, seberapa jauh keterkaitan antara pertgalaman usaha dengan kepribadian kcwirausahaan yang dimiliki dan pola manajemen usaha yang dilakukan perempuan pedagang pasar tradisional. Tujuan penelitian iniadalah mengkaji lebih jauh karakteristik kewirausahaan dan pola manajemen usaha yang dimiliki oleh perempuan pedagang di pasar tradisional untuk ditemukan forrnulasi stratcgi pengembangan perempuan pedagang pasar tradisional. Secara khusus tujuan yang dicapai adatah mengkaji karakteristik (jiwa dan kepribadian) kewirausahaan yang dimiliki oleh perempuan pedagang di pasar tradisional, (ii) mengidentifikasi pola manajemen usaha yang dial' dilakukan oleh pars perempuan pedagang di pasar tradisional sehingga ditemukan matrik fungsionahsasi pengelolaan usaha, (iii) mengkaji becbagai kekuatan dan kelemahan serta peluang dan tantangan yang dihadapi para perempuan di pasar tradisional sehingga dapat dirumuskan kebijakan pengembangan perempuan pedagang pasar tradisional yang efektif. Dalam penelitian ini dipilih 90 perempuan pedagang pasar tradisional di wilayah Kabupaten Klaten sebagai sampel dengan mengguaakan metode stratified random sampling (pengambilan sampel acak bertingkat) berdasar kriteria tingkat perekonomian. Atas dasar pertirabangan tersebut maka dipilih pasar tradisional yang berlokasi di Kecamatan Jatinom, Pedan dan Delanggu yang reasing-ma sing mewakili area perekonomian rendah, sedan dan tinggi. Kepribadian kewirausahaan responden ctihampiri =Wu' 36 item Entrepreneurship Personality Questionnaire (EPQ, sedangkan dimensi perilaku kewirausahaan didekati melalui pola manajemen usaha yang dilakukan. Analisis yang

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:Document UNDIP
ID Code:22838
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:08 Oct 2010 09:37
Last Modified:08 Oct 2010 09:37

Repository Staff Only: item control page