PEMODELAN EVAPOTRANPIRASI POTENSIAL DAN KESETIMBANGAN AIR UNTUK MENDETEKSI PERUBAHAN TATAGUNA LAHAN DI DAERAH ALIRAN SUNGAI (WILAYAH STUDY : SUNGAI CITARUM)

Harlyadi, Harlyadi (2000) PEMODELAN EVAPOTRANPIRASI POTENSIAL DAN KESETIMBANGAN AIR UNTUK MENDETEKSI PERUBAHAN TATAGUNA LAHAN DI DAERAH ALIRAN SUNGAI (WILAYAH STUDY : SUNGAI CITARUM). Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
273Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1331Kb

Abstract

Pengelolaan Daerah Aliran Sungai adalah upaya manusia untuk mengendalikan hubungan timbal-balik antara sumberdaya alam dengan manusia dan segala aktifitasnya, dengan tujuan untuk membina kelestarian dan keserasian ekosistem serta meningkatkan kemanfaatan sumberdaya alam bagi manusia Usaha untuk menjaga kelestarian sumberdaya alam sering kali bertentangan dengan pemanfaatan sumberdaya tersebut Usaha yang dapat dilakukan untuk pengendalian pemanfaatan sumberdaya alam diantaranya adalah pembuatan suatu pemodelan yang dapat mendeteksi keadaan sumberdaya air sehingga sejalan dengan pengelolaan Daerah Aliran Sungai yang terpadu. Bentuk pemodelan yang ada adalah pemodelan Evapotranspirasi Potensial (EP) dan pemodelan Kesetimbangan Air. Pemodelan tersebut dilakukan berdasarkan data curah hujan, dan suhu yang pada akhirnya dapat digunakan untuk mengetahui adanya perubahan tataguna lahan dan kesetimbangan air. Sebagai wilayah study dipilih Daerah Aliran Sungai Citarum. Management of drainage basin is effort of human being to control the mutual relation among between natural resources with the human being and all activity, as a mean to construct the continuity and compatibility ecosystem and also improve the natural benefit resources to human being Effort to take care of the natural continuity resources frequently oppose against the the exploiting resources Effort able to be conducted for the operation of natural exploiting resources among others is making of a modeling able to detect the situation resources irrigate so that in line with inwrought drainage basin management. Form the existing modeling is Evapotranspirasi Potential Modeling (Balance EP) And Irrigate Modeling

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Marine Science
ID Code:22837
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:08 Oct 2010 09:32
Last Modified:08 Oct 2010 09:32

Repository Staff Only: item control page