PENGARUH JENIS INDUSTRI TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL (CSR DISCLOSURE) PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009

ERDANU, Yudho and SUDARNO, Sudarno (2010) PENGARUH JENIS INDUSTRI TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL (CSR DISCLOSURE) PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PUBLIK YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
551Kb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat luas pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) pada laporan tahunan dan bagaimana pengaruh jenis industri terhadap tingkat luas pengungkapan CSR. Penelitian ini menggunakan jenis industri sebagai variabel independen, ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol dan tingkat pengungkapan CSR sebagai variabel dependen serta mengambil obyek penelitian berupa laporan tahunan (Annual Report) perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen jenis industri yang terdiri dari 9 jenis kelompok industri berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan CSR dimana luas pengungkapan antar perusahaan dalam industri yang satu dengan industri lainnya berbeda-beda dikarenakan masing-masing industri memiliki karakteristik yang berbeda.jenis industri, sedangkan variabel kontrol ukuran perusahaan tidak berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan CSR. Kemudian secara bersama-sama variabel independen dan variabel kontrol berpengaruh terhadap tingkat luas pengungkapan Corporate Social Responsibility.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Jenis Industri, Ukuran Perusahaan, Pengungkapan CSR, Laporan Tahunan.
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
ID Code:22799
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:07 Oct 2010 12:56
Last Modified:07 Oct 2010 12:56

Repository Staff Only: item control page