STUDI PERBANDINGAN PRODUKSI ETANOL SECARA KONTINYU MENGGUNAKAN Z.MOBILIS TERMUTASI TEKNIK IMMOBILISASI SEL : CA-ALGINAT DAN K-KARAGINAN

R.Darmawan, R.Darmawan and Widjaja, Tri and Mulyanto, Mulyanto and Ardiansyah, E. Topan (2010) STUDI PERBANDINGAN PRODUKSI ETANOL SECARA KONTINYU MENGGUNAKAN Z.MOBILIS TERMUTASI TEKNIK IMMOBILISASI SEL : CA-ALGINAT DAN K-KARAGINAN. In: E. Topan Ardiansyah, Jurusan Teknik Kimia Fak. Teknik UNDIP Semmarang.

[img]
Preview
PDF
300Kb

Abstract

Penggunaan bahan bakar fosil (fossil fuel) secara terus menerus memunculkan paling sedikit dua ancaman serius: (1) faktor ekonomi, berupa jaminan ketersediaan bahan bakar fosil untuk beberapa dekade mendatang, masalah suplai, harga, dan fluktuasinya (2) polusi akibat emisi pembakaran bahan bakar fosil ke lingkungan. Produksi etanol dari molases secara kontinyu merupakan salah satu inovasi pengembangan sumber bahan bakar alternatif yang renewable dan ramah lingkungan. Pada studi ini menggunakan bakteri z. mobilis termutasi dengan teknik immobilisasi sel, sebagai supporting matrice Ca-Alginat dan K-Karaginan. Pemilihan Ca-Alginat dan K-Karaginan sebagai supporting matrice karena Indonesia kaya akan hasil laut yaitu alga coklat dan alga merah sebagai bahan dasar alginat dan karaginan, sehingga bernilai ekonomis. Percobaan ini dilakukan dengan variabel konsentrasi gula total 178 g/L (14%v/v), 186 g/L (16%v/v), 205 g/L (18%v/v). Eksperimen dimulai dengan pembuatan starter, pre-treatment molases, pengembangan kultur, pembuatan production medium, serta bead sel Ca-alginat/ K-Karaginan (2% w/v) dengan ukuran diameter 2 mm. Setelah bead sel tersedia dilanjutkan proses fermentasi dalam bioreaktor packed bed dengan mengalirkan molases menggunakan pompa peristaltik kondisi flow rate 1 ml/menit (dilution rate 0,4/jam). Produk etanol dianalisa dengan metode Gas Chromatografi (GC). Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa proses produksi etanol dengan supporting matrice Ca-Alginat hasil konsentrasi, yield, dan produktivitas etanol lebih besar dari supporting matrice K-Karaginan. Hasil maksimal yang dicapai yaitu untuk Ca-Alginat masing - masing 60,82 g/L, 44,18% dan 24,33 g /L.jam, sedangkan untuk K-Karaginan masing - masing 60,54 g/L, 47,37% dan 24,22 g/L.jam.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords:bioreaktor packed-bed, Ca-alginat, immobilisasi sel, K-Karaginan, Z.mobilis termutasi
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:UNDIP Conference/Seminar > SEMINAR NASIONAL REKAYASA KIMIA DAN PROSES
ID Code:22740
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Oct 2010 09:51
Last Modified:07 Oct 2010 09:51

Repository Staff Only: item control page