PENGARUH INTENSITAS MENONTON TV DAN PEMAHAMAN IDENTITAS JENDER TERHADAP ADOPSI NILAI-NILAI HEDONISME DI KALANGAN REMAJA PESISIRAN DI KODYA DATI II SEMARANG

Hendro, Eko Punto and Amirudin, Amirudin and Juwita, Ratna and Pujosantosa, Medi and Etta , Olivia Hendri (1999) PENGARUH INTENSITAS MENONTON TV DAN PEMAHAMAN IDENTITAS JENDER TERHADAP ADOPSI NILAI-NILAI HEDONISME DI KALANGAN REMAJA PESISIRAN DI KODYA DATI II SEMARANG. Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
345Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

1724Kb

Abstract

PENELITIAN ini bertujuan menguji hubungan antara intensitas menonton televisi dan pemahaman identitas jender dengan adopsi nilai-nilai hedonisme di kalangan remaja pesisiran, usia 14-20 tahun dengan menggunakan metoda eksplanatory research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi anak remaja pada rentang usia tersebut menonton TV (heavy viewer) dan semakin tinggi pemahaman identitas jendernya, maka semakin tinggi pula tingkat adopsi nilai-nilai hedonisme. Ada pengaruh langsung yang sangat kuat dari kedua komponen tersebut dalam mempengaruhi penerimaan nilai-nilai hedonisme di kalangan anak-anak. Sebaliknya bagi anak remaja yang intensitas menonton televisinya rendah (light viewer), disertai pemahaman identitas jendernya juga rendah, maka penerimaan nilai-nilai hedonismenya juga rendah. Korelasi antara ketiga variabel tersebut adalah positif dan nyata. Dari hasil penelitian ini juga disimpulkan bahwa secara nyata, televisi berperan dalam pembentukan perilaku hedonis di kalangan remaja pesisirab. Melalui tayangan televisi yang mengesankan glamour, kosrnopolitan, dll, televisi berfungsi sebagai pengajar nilai yang andal kepada anak-anak remaja sekalipun tinggal di pesisiran.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:Document UNDIP
ID Code:22720
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 Oct 2010 09:12
Last Modified:07 Oct 2010 09:12

Repository Staff Only: item control page