TELEVISI DAN SOSIALISASI NILAI ESTETIKA DI KALANGAN ANAK-ANAK PERKOTAAN DI KODYA DATI II SEMARANG

Maladi, Agus and Hendro, Eko Punto and Juwita, Ratna and Pujosantosa, Hedi and Etta, Olivia Hendri (1999) TELEVISI DAN SOSIALISASI NILAI ESTETIKA DI KALANGAN ANAK-ANAK PERKOTAAN DI KODYA DATI II SEMARANG. Documentation. UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
498Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

2525Kb

Abstract

PENELITIAN-ini bertujuan menguji hubungan antara intensitas menonton televisi dengan penerimaan nilai-nilai estetika di kalangan anak-anak usia 5 - 11 tahun dengan menggunakan metoda eksplanatory research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi anak-anak pada rentang usia tersebut menonton TV (heavy viewer) maka semakin tinggi pula tingkat penerimaan nilai¬nilai estikanya. Ada pengaruh langsung yang sangat kuat dari media TV dalam menanamkan (cultivate) nilai-nilai estetika di kalahgan anak-anak. Sebaliknya bagi anak-anak yang intensitas menonton televisinya rendah (light viewer), maka penerimaan nilai-nilai estetikanya juga rendah. Korelasi antara kedua variabel tersebut adalah positif dan nyata. Dan hasil penelitian ini juga disimpulkan bahwa secara behavioral, televisi berperan dalam pembentukan kepribadian anak-anak. Televisi berfungsi sebagai guru pengejar nilai kedua setelah bapak dan ibunya.

Item Type:Monograph (Documentation)
Subjects:H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions:Document UNDIP
ID Code:22719
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 Oct 2010 09:07
Last Modified:07 Oct 2010 09:07

Repository Staff Only: item control page