PERBEDAAN POLA GEOMETRI VENTRIKEL KIRI ANTARA PENDERITA GAGAL JANTUNG KONGESTIF USIA LANJUT PRIA DAN WANITA DI RUMAH SAKIT DR. KARIADI JANUARI - DESEMBER 2006

Kristyagita, Andy (2007) PERBEDAAN POLA GEOMETRI VENTRIKEL KIRI ANTARA PENDERITA GAGAL JANTUNG KONGESTIF USIA LANJUT PRIA DAN WANITA DI RUMAH SAKIT DR. KARIADI JANUARI - DESEMBER 2006. Undergraduate thesis, Faculty of Medicine.

[img]
Preview
PDF - Published Version
159Kb

Abstract

Gagal jantung adalah penyebab utama dari kecelakaan dan kematian serius pada masyarakat dan salah satu penyebab medis terdepan dari dirawatnya pasien berusia lebih dari 60 tahun di rumah sakit. Beban masalah, berupa penyakit dan sumber-sumber yang diperlukan untuk menanganinya, cenderung meningkat pada dekade terakhir karena beberapa sebab. Kemungkinan, alasan terpentingnya adalah meningkatnya jumlah penduduk usia tua yaitu suatu kelompok yang berisiko tinggi untuk terkena gagal jantung.1 Gagal jantung bisa dibedakan menjadi gagal jantung akut dan kronik. Gagal jantung bisa terjadi pada kasus infark miokard akut atau hipertensi emergensi (episode hipertensi akut). Sedangkan gagal jantung kronik yang merupakan bentuk yang banyak ditemui di RS bisa terjadi pada keadaan penyakit katup jantung, kardiomiopati, penyakit jantung hipertensi, atau penyakit jantung koroner (yang merupakan etiologi terbanyak dari gagal jantung kronik).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RC Internal medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:22673
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:06 Oct 2010 11:29
Last Modified:06 Oct 2010 11:29

Repository Staff Only: item control page