ANALISIS PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA DENGAN ETIKA KERJA ISLAM SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA KARYAWAN TETAP BANK JATENG SEMARANG)

AYUDIYATI, Soraya Eka and NUGRAHENI, Rini (2010) ANALISIS PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP KINERJA DENGAN ETIKA KERJA ISLAM SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA KARYAWAN TETAP BANK JATENG SEMARANG). Undergraduate thesis, Perpustakaan FE UNDIP.

[img]
Preview
PDF - Published Version
939Kb

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya globalisasi yang menurut Anthony Giddens dalam Runaway World (2001) dan Francis Fukuyama dalam The Great Disruption (2002) yang berpendapat bahwa dengan adanya globalisasi struktur sosial masyarakat menjadi kacau balau dan peran agamapun menjadi nihil terbukti dengan banyaknya kriminalitas, bunuh diri (suicide). Hal tersebut dikarenakan melemahnya locus of control masyarakat terhadap dirinya sehingga melemahkan etika-moral mereka. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui kebenaran etika kerja islam yang berpengaruh terhadap locus of control dan kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu locus of control (X1), variabel moderating yaitu etika kerja islam (X2),dan kinerja karyawan sebagai variabel dependennya (Y). pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode kuesioner yang disebar kepada 100 orang karyawan tetap Bank Jateng Semarang yang memeluk agama islam dengan menggunakan purposive sampling. Sedangkan analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 13.0 for windows. Hasil analisis regresi dan uji t dapat diketahui bahwa variable locus of control dan variable etika kerja islam berpengaruh positif terhadap variable kinerja karyawan. Hasil koefisien determinasi R2 dari variabel etika kerja islam adalah 25,6%. Hal ini berarti variabel moderating tersebut mampu menjelaskan 25,6% variasi sementara variasi lainnya yaitu sebesar 100% - 25,6% = 74,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Locus Of Control, Etika Kerja Islam, dan Kinerja Karyawan.
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Management
ID Code:22547
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:05 Oct 2010 10:31
Last Modified:05 Oct 2010 10:31

Repository Staff Only: item control page